Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ubah Kebiasaan, Hemat Pengeluaran!

Kompas.com - 07/12/2013, 17:26 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Tahukah Anda, berbagai perilaku sederhana yang biasa dilakukan sehari-hari bisa menentukan besarnya pengeluaran Anda? Lakukan hal-hal berikut ini di rumah dan tekan pengeluaran Anda segera!

Pertama, buatlah kopi Anda sendiri di rumah setiap pagi. Hal ini mungkin terdengar sederhana, namun segelas espresso, kopi latte, atau caramel macchiato di kedai kopi kesukaan Anda harganya sangat mahal.

Orang Amerika Serikat, rata-rata menghabiskan 1.000 dollar AS (Rp 11,8 juta) setiap tahun untuk kopi yang mereka beli di kedai kopi. Dengan membuat sendiri kopi di rumah, Anda bisa menghemat sekitar Rp 1 juta setiap bulannya.

Kedua, cucilah baju dengan air keran atau air biasa. Mencuci dengan air panas membuat rumah Anda membutuhkan lebih banyak tenaga listrik. Selain lebih murah, mencuci dengan air biasa juga membuat baju Anda lebih awet.

Ketiga, buatlah taman dan bercocoktanamlah di sana! Tanam sayur dan buah yang sering Anda makan di rumah, misalnya tomat, kentang, dan wortel. Setiap sen yang Anda habiskan untuk membeli bibit, Anda akan mendapat produk dengan harga senilai lima kalinya. Menanam tomat, ketimun, dan zucchini sendiri tentu ide yang menarik.

Keempat, ubah pengaturan pendingin ruangan Anda menjadi otomatis. Dengan cara ini, Anda tidak lagi lupa mematikan pendingin udara.

Kelima, rendahkan temperatur pemanas air. Hal ini mampu membuat Anda menghemat biaya listrik setiap bulannya. Cobalah menyetel pemanas air hanya mencapai 48,8 derajat Celcius hingga 54,4 derajat Celcius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com