Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih, Solusi Mudah Kurangi Tagihan Listrik!

Kompas.com - 07/12/2013, 16:57 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Berbagai kegiatan yang Anda lakukan di dapur bisa membuat tagihan listrik   menggelembung. Tanpa disadari, berbagai kegiatan tersebut juga dapat menghabiskan uang Anda. Segera sadari dan tekan pengeluaran sekarang juga!

Caranya, pertama, cabut dan matikan semua "vampir elektronik" di dapur Anda. Perhatikan alat-alat elektronik yang sudah Anda padamkan. Jika masih terlihat lampu mungil menyala pada alat-alat elektronik tersebut, berarti dia masih menggunakan aliran listrik. Mesin pembuat kopi dan pemanggang roti (toaster) merupakan "vampir" yang umum di dapur.

Kedua, hindari penggunaan oven sebagai penghangat makanan karena hanya akan membuang-buang energi. Gunakan oven hanya untuk memasak. Jalankan mode "pembersihan otomatis" hanya seusai memasak menggunakan oven. Saat itu, oven sudah panas dan Anda tidak perlu membuang energi.

Ketiga, naikkan temperatur lemari es. Tentu, dalam batas yang wajar. Selain membuat lemari es tidak bekerja terlalu keras, juga membuat minuman tidak beku dan sulit Anda nikmati. Para ahli menyarankan Anda menggunakan temperatur lemari es secara optimal pada 3,3 derajat Celcius sampai 5,5 derajat Celcius.

Keempat, jika Anda menggunakan dishwasher maka lengkapi tahap pre-rinse dan dry cycle pada mesin tersebut. Keringkan cucian piring secara manual agar lebih hemat energi. Jika cucian piring sangat kotor, cobalah merendamnya terlebih dahulu dalam air. Terakhir, gunakan mesin ini hanya jika cucian sudah banyak.

Kelima, bersihkan dapur hanya dengan produk yang sudah Anda miliki di lemari dapur. Gunakan campuran baking soda dan air untuk membersihkan permukaan meja dapur. Selain murah, solusi ini pun lebih ramah lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com