Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menarik, Rumah Modern Berbahan Plastik!

Kompas.com - 07/12/2013, 11:36 WIB
Tabita Diela,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com — Berada di rumah ini mampu membuat angan-angan Anda berkelana. Pendar halus sinar matahari dari dinding menyelimuti seluruh sudut rumah ini, bahkan hingga ruang-ruang yang biasanya gelap dan lembab seperti garasi.

Mengapa itu bisa terjadi? Ini karena dinding yang menyelimuti rumah berbahan polikarbonat. Dengan kata lain, pada siang hari interior rumah ini akan sangat terang. Sementara, pada malam hari, lampu dari dalam rumah ini akan menerangi lingkungan di sekeliling rumah.

Rumah bernama "House in Tousuien" tersebut berada di Hiroshima, Jepang. Suppose Design Office merupakan tim di balik desain uniknya.

Rumah ini berlantai tiga. Karakternya sederhana, bentuknya memanjang dan kaku. Dinding yang hampir tembus pandang mungkin satu-satunya daya tarik yang dapat dengan mudah dikenali. Pemiliknya merupakan keluarga yang terdiri atas lima orang. Keluarga ini pun meminta ruang untuk menyimpan dan memperbaiki koleksi sepeda motor mereka.

"Dinding eksterior umumnya tebal dan berat. Namun, untuk "House of Tousuien", kami menggunakan material tipis dan tembus cahaya. Material ini digunakan untuk mengganti dinding eksterior biasa. Sinar matahari alami bisa dimaksimalkan dalam ruang interior," papar para arsitek.

Uniknya, jendela rumah ini juga menggunakan bahan yang sama dengan dinding. Karena itu, jika pemilik rumah ingin menikmati pemandangan atau udara segar, mereka perlu membuka jendela. Hal ini tentu tidak menjadi masalah besar.

Lagi pula, pemilik rumah pun masih bisa menikmati terangnya sinar matahari tanpa membuka jendela, terutama di siang hari. Pada malam hari, keadaan berubah 180 derajat. Rumah ini justru menjelma menjadi "lampion" raksasa.

"Klien dapat merasakan dengan sempurna perubahan lingkungan alam di sekitar rumah dari dalam ruangan yang hangat dan terang," ujar para arsitek.

Rumah ini dibangun dengan menggunakan struktur baja "I" yang kuat. Baja tersebut dilapisi dengan warna putih yang terang. Tidak terlalu mencolok sembari bersanding dengan lantai kayu dan plafon beton ekspos. Semua unsur yang tampak begitu terang, bersih, dan sederhana ini seolah membahasakan keindahan "mentah" tetapi modern.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com