Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pindah Sendiri Bukanlah Masalah

Kompas.com - 04/12/2013, 10:13 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber brightness
KOMPAS.com - Keluar dari rumah orang tua adalah keputusan besar. Sebagai orang dewasa yang sudah mampu hidup mandiri, tentu hal ini bukan masalah. Namun, Anda juga tetap harus berhati-hati karena Anda hanya bisa mengandalkan diri sendiri. Berikut ini tips untuk memudahkan Anda pindah rumah sendirian.

Pertama, pastikan Anda membongkar barang-barang berukuran besar. Lemari, kursi, dan barang-barang lain yang bisa dibongkar-pasang sebaiknya Anda bongkar agar lebih ringan dan lebih mudah dipindahkan.

Jangan lupa, lepaskan bantalan kursi, cermin, tutup kaca, kenop, dan kaki furnitur Anda. Manfaatkan ice cube tray untuk menyimpan sekrup dan barang kecil lainnya.

Kedua, sewa perlengkapan untuk pindah rumah. Anda mungkin akan membutuhkan dongkrak, dollie, dan berbagai alat lainnya untuk membantu Anda mengangkat dan memindahkan barang. Sebelumnya, cek juga biaya menyewa tenaga bantuan untuk pindahan. Jika ternyata lebih murah, tidak ada salahnya menyewa para ahli.

Ketiga, ingatlah untuk selalu menyeret, bukan mengangkat. Gunakan alat khusus untuk menyeret barang-barang Anda.

Menggunakan handuk juga efektif untuk menghindarkan lantai dan furnitur dari kerusakan. Anda hanya perlu mengangkat sedikit kaki furnitur Anda dan menaruhnya di atas handuk atau alat khusus untuk memindahkan barang. Usahakan untuk selalu mengukur kemampuan Anda sebelum memutuskan untuk mengangkat furnitur.

Keempat, buka engsel pintu agar Anda lebih mudah memasukkan barang-barang, terutama furnitur berukuran besar. Ingatlah bahwa tidak semua hal bisa Anda lakukan sendiri, misalnya membawa furnitur ke atas atau ke bawah melewati tangga. Daripada membahayakan diri sendiri, ada baiknya Anda meminta bantuan kerabat. Begitu juga ketika Anda memutuskan untuk membersihkan talang air rumah baru Anda, melepaskan pintu, atau memindahkan furnitur berat.

Selamat pindah ke rumah baru!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber brightness
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com