Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bebas Lembab di Kamar Mandi Tak Berjendela

Kompas.com - 02/12/2013, 13:43 WIB
KOMPAS.com — Akibat kondisinya selalu lembab, jamur pun terus mengintai. Untuk itu, ada beberapa cara yang mungkin bisa Anda lakukan untuk mengakali keadaan lembab di kamar mandi Anda yang tak berjendela ini.

1. Memadukan jalusi dan exhaust fan

Anda bisa memasang exhaust fan pada plafon dan dapat digabungkan dengan penggunaan jalusi pada pintu. Jalusi dapat memasukkan udara ke dalam kamar mandi, terutama ketika exhaust fan dinyalakan.

Agar optimal, pasang exhaust fan pada plafon yang berseberangan dengan pintu agar udara dapat berputar di kamar mandi. Sirip-sirip pintu jalusi sebaiknya dibuat miring ke arah atas, bukan ke arah bawah, agar angin dingin dapat masuk dari arah bawah.

www.houzz.com Anda bisa memasang exhaust fan pada plafon dan dapat digabungkan dengan penggunaan jalusi pada pintu. Jalusi dapat memasukkan udara ke dalam kamar mandi, terutama ketika exhaust fan dinyalakan.
2. Menggunakan buangan AC

Udara buangan AC dapat digunakan untuk mengurangi lembab akibat air. AC ini adalah AC yang digunakan untuk kamar tidur yang letaknya bersebelahan dengan kamar mandi.

Buatlah semacam cerobong di atap kamar mandi. Letakkan blower AC di salah satu sisi cerobong, sedangkan di sisi seberangnya terdapat lubang ventilasi dari bilah-bilah kayu. Pada siang hari, atau saat AC tidak dinyalakan, lubang ini berguna untuk mengalirkan udara ke dalam kamar mandi.

3. Kurangi air

Usahakan menggunakan shower, bukan bak mandi. Selain mengurangi kelembaban, menggunakan shower ketika mandi juga dapat menghemat air. (Rahma Yulianti)  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com