Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Trik Simpel "Menyulap" Hunian Mungil Tetap Istimewa

Kompas.com - 30/11/2013, 11:04 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com — Desainer, fotografer, sekaligus penulis asal Jerman, Peter Fehrentz, baru saja menyelesaikan proses renovasi sebuah apartemen di Berlin, Jerman, seluas 60 m2. Seperti dikutip dari www.dwell.com untuk edisi November ini, Fehrentz berhasil mengolaborasikan berbagai teknik menghemat ruang untuk mendekor apartemen tersebut.

Apa yang dilakukan Fehrentz sederhana. Berikut ini tujuh tips simpel dan mendasar dari Fehrentz untuk mengubah tampilan ruang mungil menjadi lebih istimewa.

Pertama-tama, Fehrentz menganjurkan Anda untuk menyingkirkan dinding di dalam ruangan sebanyak mungkin. Dinding atau sekat membuat ruangan terasa semakin kecil.

"Sebuah ruang terbuka terasa lebih lega dan ringan," ujarnya pada Dwell.

www.dwell.com Fehrentz juga menganjurkan Anda memilih variasi warna yang saling melengkapi. Jika Anda memilih warna merah, maka gunakan berbagai nuansa merah.
Selanjutnya, Fehrentz juga menganjurkan Anda memilih variasi warna yang saling melengkapi. Jika Anda memilih warna merah, gunakan berbagai nuansa merah.

"Sebagian lainnya lebih berwarna kuning, lainnya warna biru dan merah muda," imbuh Fehrentz.

Menurut dia, warna-warna itu tidak akan saling bertolak belakang.

Trik ketiga, ia menyarankan menggunakan jenis material dalam jumlah terbatas. Lakukan repetisi agar Anda mendapat tampilan yang holistik.

"Pikirkanlah bahwa setiap benda di dalam ruangan sebagai tokoh protagonis di dalam drama, jadi interior Anda tampak seperti gabungan kompleks dari berbagai adegan," imbuh Fehrentz.

www.dwell.com Fehrentz menyarankan Anda untuk tidak takut menggunakan warna gelap dalam ruangan berukuran kecil. Penggunaan yang tepat justeru mampu memberikan efek nyaman dan menenangkan.
Kelima, Fehrentz menyarankan Anda untuk tidak takut menggunakan warna gelap dalam ruangan berukuran kecil. Penggunaan yang tepat justru mampu memberikan efek nyaman dan menenangkan.

Keenam, berinvestasilah pada lemari penyimpanan. Bila perlu, buatlah sendiri lemari tersebut hingga mampu menampung semua benda-benda yang tidak ingin selalu Anda lihat.

Ketujuh, Fehrntz menganjurkan Anda menggunakan pintu geser. Cara ini akan sangat menghemat tempat.

"Pasanglah pintu geser untuk menghemat tempat, dan jika mungkin, gantung pintu tersebut di plafon untuk memberikan rasa luas dalam ruangan," tandas Fehrentz.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com