Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cantiknya... Lampu Berbahan Permata Ini!

Kompas.com - 22/11/2013, 09:26 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Chandelier umumnya menghiasi kastil-kastil mewah di seantero Eropa. Pantulan cantik kristal mampu menjadi sumber pencahayaan yang istimewa, mewah, lembut, dan menarik. Namun, sejak November 2013 ini, Château de Versailles di Prancis malah menggunakan sumber pencahayaan yang berbeda dari "pakem" pada umumnya.

Desainer asal Paris, Ronan & Erwan Bouroullec memasang chandelier karya mereka di area pintu masuk Château de Versailles. Lampu karya mereka lebih mirip dengan untaian kalung.

 
Lampu bernama Gabriel Chandelier ini merupakan karya seni kontemporer permanen pertama di Château de Versailles. Lampu unik tersebut menggantung di atas Gabriel Staircase.
 
Lampu ini terbuat dari kristal Swarovski sebanyak 800 modul kristal. Tidak hanya tampak luar biasa dengan ukuran setinggi 12 meter, lampu ini pun menggunakan teknologi LED. 
 
"Tampaknya bagi kami, kristal merupakan pilihan terbaik karena secara historis, semua chandelier di Versailles dibuat dengan material ini," ujar para desainer.
 
Penggunaan karya Ronan & Erwan Bouroullec berawal dari kompetisi yang diluncurkan pada 2011 oleh Public Administration of the Palace, Museum and State Property Department bagi Versailles. Karya perusahaan desain kelas dunia ini begitu rapuh, namun kompleks.

Chandelier unik ini mengawinkan keindahan kristal dan cerdasnya pencahayaan inovatif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com