Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Fasilitas Umum, Publik Harus Dilibatkan!

Kompas.com - 13/11/2013, 17:32 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - DIALOG dan Snøhetta merupakan dua nama yang akhirnya terpilih dari daftar pendek kantor arsitektur untuk mendesain perpustakaan pusat baru untuk Kota Calgary, Kanada. Mereka mendesain setelah menerima masukan dan kritikan dari publik setempat.

Tidak sekadar menjadi landmark, perpustakaan dengan luas 2,6 hektar (280.000 kaki persegi) tersebut pun akan memperkuat kehidupan masyarakat East Village, jantung kota Calgary.

 
Setelah rampung pada 2018 mendatang, perpustakaan ini akan melayani lebih dari 140.000 pekerja dan pelajar setiap harinya. "Orang-orang Calgary merespon dengan antusias, gairah, dan rasa bangga," ujar Ketua Dewan Perpustakaan Publik Calgary (Calgary Public Library Board Chair) Janet Hutchinson. 
 
Hutchinson menambahkan, dengan jelas, mereka melihat perpustakaan sebagai bagian penting untuk melengkapi komunitas. Masukan kolektif mereka bisa menjadi sumber inspirasi yang kaya bagi tim proyek ini.

Rupanya, Dewan Perpustakaan Publik Calgary sudah melakukan proses yang melibatkan publik setempat selama enam bulan belakangan. Masyarakat pun mengambil bagian dalam proses tersebut dan tidak tinggal diam. Secara vokal, masyarakat mengutarakan kebutuhan serta keinginan mereka, terutama menyangkut perpustakaan nasional baru tersebut. 

 
Perpustakaan pusat yang baru tersebut akan didesain dengan banyak ruang-ruang fleksibel. Masing-masing ruang didesain fleksibel, khusus, dan berorientasi pada komunitas. Bangunan perpustakaan tersebut pun 66 persen lebih besar dari rata-rata perpustakaan lokal.
 
Nantinya, gedung perpustakaan tersebut akan memiliki multi fasad dan menjadi tujuan rekreasi keluarga. Di tempat ini, keluarga-keluarga setempat tidak hanya bisa membaca buku, namun juga berkumpul. Di dalamnya, akan ada 600.000 koleksi buku, program istimewa, ruang bagi anak-anak dan remaja, laboratorium inovasi, pengembangan kemampuan, dan berbagai fasilitas lainnya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com