Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CCTV China, Terbaik di Dunia

Kompas.com - 11/11/2013, 14:30 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com — Desain "bengkok" gedung kantor pusat CCTV di Beijing, China, karya Rem Koolhaas terpilih sebagai Gedung Pencakar Langit Terbaik Dunia (The Best Tall Buildings Awards 2013) oleh Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH), pekan ini.

CTBUH memuji bangunan ini merupakan pencakar langit yang memengaruhi cakrawala kota, mempertemukan masa lalu dengan masa sekarang, dan kemungkinan yang harus dilakukan bila masa depan itu tiba.

Gedung CCTV ini memiliki bentuk yang menakjubkan, melambangkan beberapa fungsi dari program, dan posisi dinamis bangsa China di pentas dunia. Sangat menarik perhatian, rekayasa strukturalnya mendobrak batas-batas desain konvensional.

Sebelumnya, Koolhaas, mitra pendiri Kantor Metropolitan Architecture, tak pernah menjadi penggemar pencakar langit.

"Ketika saya menerbitkan buku terakhir, Content pada tahun 2003, satu bab menyebut 'Bunuh Skyscraper itu'. Pada dasarnya itu adalah ekspresi kekecewaan pada cara tipologi pencakar langit yang digunakan dan diterapkan. Saya tidak berpikir ada banyak kehidupan kreatif yang tersisa di gedung pencakar langit. Oleh karena itu, saya mencoba untuk meluncurkan kampanye melawan pencakar langit dengan bentuk yang berbeda," papar Koolhaas.

Untuk diketahui, selain terpilih sebagai gedung tinggi terbaik dunia, CCTV Headquarters awal tahun ini didapuk sebagai gedung tinggi terbaik di Asia dan Australasia. Sementara The Bow, Calgary, Kanada, terpilih sebagai pencakar langit terbaik di Amerika. Shard dan Sowwah Square ditetapkan sebagai bangunan jangkung terbaik di Timur Tengah dan Afrika.

Keempat gedung tersebut dipilih oleh dewan juri dengan kredibilitas tinggi. Mereka mengalahkan 60 peserta lainnya yang berasal dari berbagai belahan dunia. 

Menurut Ketua Dewan Juri yang sekaligus Pemimpin Studio Gang Architects, Jeanne Gang, pemenang dan finalis merupakan pencakar langit yang paling mencolok dan memengaruhi lanskap global.

"Mereka mewakili resolusi untuk sejumlah besar isu-isu kontemporer seperti konsumsi energi yang terintegrasi dengan wilayah perkotaan," ujar Jeanne.

Best Tall Buildings Awards sendiri merupakan tinjauan independen terhadap proyek-proyek baru, yang dinilai oleh sebuah panel eksekutif. Proyek yang dinilai haruslah berkontribusi terhadap kemajuan dan lingkungan perkotaan serta pembangunan yang berkelanjutan.

Selain memilih gedung pencakar langit terbaik, CTBUH juga menganugerahkan "Lynn S Beedle Lifetime Achievement Award" kepada Henry Cobb, mitra pendiri Pei Cobb Freed & Partners. Ia mendesain
Hancock Place di Boston dan Library US Bank Tower di Los Angeles. Perancang yang pernah mendapat kehormatan ini antara lain Helmut Jahn, Lord Norman Foster, Cesar Pelli, William Pedersen, dan Adrian Smith.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com