Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Desain Ideal Gedung Sekolah...

Kompas.com - 11/11/2013, 11:01 WIB
Tabita Diela,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com — Sekilas, SMA Vergilio Ferreira di Lisabon, Portugal, tampak biasa saja. Gedungnya sama dengan sekolah-sekolah pada umumnya, besar dan kaku. Padahal, sekolah ini sebenarnya istimewa. Segala hal telah dipersiapkan dengan serius, mulai dari instalasi listrik, keamanan sekolah, akustik, pengolahan limbah padat, kesehatan, lanskap, hingga pengolahan dan pemanfaatan energi. Sekolah ini merupakan hasil karya arsitek Atelier Central.

Intervensi yang dilakukan pada sekolah ini berfokus pada rehabilitasi dan pengaturan kembali bangunan eksisting. Atelier Central juga memberikan gedung baru yang digunakan sebagai area masuk sekolah ini. Bangunan tersebut menyediakan ruang bagi layanan administratif, perpustakaan, ruang guru, dan ruang tamu bagi para orangtua murid.

Kompleks sekolah ini dibagi menjadi beberapa gedung. Masing-masing gedung secara khusus didedikasikan untuk keperluan tertentu, misalnya satu gedung untuk seni eksperimental, sains, dan gedung lain untuk kegiatan olahraga. Atelier Central memodifikasi gedung yang khusus digunakan untuk kegiatan berolahraga. Mereka juga membuat ekstensi bagi gedung yang digunakan untuk seni eksperimental dan sains agar mampu memenuhi kebutuhan para murid.

Namun, bagian yang menarik adalah penghubung antara gedung. Penghubung yang tampak seperti lorong ini merupakan perpaduan apik antara cahaya dan jejeran besi. Setiap besi dilapisi oleh profil aluminium berwarna keemasan. Penghubung yang tampak seperti "sangkar burung" tersebut memadukan eksterior dan interior. Berada di dalam lorong membuat para murid, guru, maupun orangtua murid dapat merasa seperti tengah berada di dalam ruangan seraya menikmati udara segar dan sinar matahari secara langsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com