Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ketegangan" Menikmati Manipulasi Arsitektur

Kompas.com - 06/11/2013, 14:53 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com - Sophia Chang berhasil memfasilitasi gejolak perasaan yang tidak diketahui melalui manipulasi tak terduga dari frame arsitektur. Arsitek asal Amerika Serikat ini berusaha menciptakan "ketegangan" lewat instalasi interaktif di galeri Invivia di Cambridge, Massachusetts. 

Dikuratori dan disponsori oleh Allen Sayegh (pendiri Invivia) dan Rocker Ingeborg (Pendiri Firma Arsitektur Rocker-Lange), instalasi ini terdiri dari kain berbentuk geometri yang berusaha mengaburkan batas-batas antara bagian dalam dan luar ruangan. Karena, setelah memasuki instalasi ini, Anda akan merasa sebagai penghuni tengah berhadapan dengan lingkungan yang terasing. Hal ini akan menciptakan kesadaran yang lebih besar tentang pentingnya sebuah hubungan dengan orang lain dan lingkungan di sekitarnya.

www.designboom.com Anda akan menemukan ruangan luas dengan dinding melengkung membentuk gua sebagai interiornya. Makin ke dalam, Anda akan menemukan banyak dinding dan ruang yang
Anda akan menemukan ruangan luas dengan dinding melengkung membentuk gua sebagai interiornya. Makin ke dalam, Anda akan menemukan banyak dinding dan ruang yang "bersembunyi" dan perlu dieksplorasi.

www.designboom.com Melihat sekilas konteks aslinya melalui celah kain, akan terasa adanya interaksi yang menyenangkan antara kedua sisi instalasi ini, yaitu antara bagian luar dan dalam. Momen sehari-hari akan mudah tertangkap, seperti batu bata, tangga, atau jalan keluar yang tampak jauh dan lain-lainnya.
Instalasi ini dibangun dari potongan-potongan besar kain lycra yang digantungkan pada frame persegi panjang. Melihat sekilas konteks aslinya melalui celah kain, akan terasa adanya interaksi yang menyenangkan antara kedua sisi instalasi ini, yaitu antara bagian luar dan dalam. Momen sehari-hari akan mudah tertangkap, seperti batu bata, tangga, atau jalan keluar yang tampak jauh dan lain-lainnya.

www.designboom.com Anda akan menerima reinterpretasi lebih ambigu, yaitu tentang apa yang bisa dipahami sebagai dinding atau ruang dari satu sudut pandang arsitektur, menjadi ruang yang dihuni ketimbang ruang lainmnya.
Rasanya, di sini Anda akan menerima reinterpretasi lebih ambigu, yaitu tentang apa yang bisa dipahami sebagai dinding atau ruang dari satu sudut pandang arsitektur, menjadi ruang yang dihuni ketimbang ruang lainnya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com