Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raksasa Keuangan AS Belanja Mal di China

Kompas.com - 05/11/2013, 11:11 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Perusahaan investasi kakap yang berbasis di Amerika Serikat, Blackstone Group, diketahui, berinvestasi di sektor ritel China. Mereka membeli 40 persen saham SCP Company Ltd senilai 400 juta dollar AS (Rp 4,5 triliun).

Angka ini merupakan belanja investasi mal terbesar yang pernah terjadi di Asia. SCP Company Ltd, sendiri merupakan perusahaan pengembang sekaligus pengelola pusat belanja.

Dengan investasi tersebut, Blackstone mengharapkan SCP akan memiliki total nilai aset lebih dari 2 miliar AS (Rp 22,6 triliun).

"Urbanisasi, upah dan jumlah kelas menengah akan terus tumbuh dalam jangka menengah. Itu semua akan mendukung tidak hanya sektor ritel tetapi juga sektor properti lainnya," ujar Head of Asia Real Estate Blackstone, Christopher Heady.

Selain Balckstone, pembeli saham lainnya adalah ICBC International Holdings yang merupakan  sayap investasi Industri luar negeri dan Commercial Bank of China Ltd. Mereka mengakuisisi 6 persen saham.

"Peran Blackstone sebagai mitra strategis akan membantu mempercepat perluasan jaringan kami di China dan meningkatkan praktek manajemen properti kami menjadi berstandar internasional," tandas Chairman dan Chief Executive Officer SCP Ding Li-ye.

Sebelumnya, pada April lalu, Blackstone mengumumkan rencana untuk menaikkan dana investasi di China dan Asia senilai 4 miliar dollar AS (Rp 45,3 triliun). Sementara pada Agustus, mereka mengajukan penawaran untuk mengambil alih properti milik pengembang Tysan Holding Ltd sejumlah 322 juta dollar AS (Rp 3,6 triliun).

SCP yang berbasis di Shenzhen tercatat memiliki dan mengoperasikan 19 mal dengan tingkat hunian sekitar 95 persen. Penyewa mal-mal tersebut termasuk peritel busana H & M dan Uniqlo serta Wal-Mart.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com