Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengaturan Cahaya Bikin Tampilan Rumah Berbeda!

Kompas.com - 04/11/2013, 18:06 WIB
Tabita Diela

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Tidak perlu pindah rumah untuk mendapatkan suasana baru. Anda hanya tinggal memperbaiki pencahayaan atau menata dekorasi dengan nuansa dan elemen berbeda.

Demikian kiat presenter Farhan saat menjadi pembicara dalam acara bincang-bincang bertajuk "Rumah Cerdas dan Hemat Energi" yang diadakan di Pendopo Gathrie, Ambarukmo Plaza, Yogyakarta, Jumat (1/11/2013). Acara tersebut juga dihadiri oleh penulis dan penyanyi Dewi Lestari dan Product Manager Consumer Luminaire PT Philips Indonesia.

Farhan dan Dewi merupakan dua figur publik yang dipilih sebagai duta produk Philips Indonesia. Beberapa waktu yang lalu, Philips sudah memenuhi rumah Dewi Lestari dan suaminya, Reza Gunawan dengan 160 titik lampu LED.

Dewi menjelaskan bagaimana pencahayaan mampu berperan dalam menciptakan suasana rumah yang mengekspresikan kreativitas para penghuninya. Sementara itu, Farhan, yang ternyata baru merenovasi rumahnya, juga bercerita bagaimana pemberian lampu berteknologi LED mampu menekan biaya listrik.

"Dua bulan ini biaya listrik di rumah saya turun 20 hingga 30 persen," ujar Farhan.

Lantas, bagaimana mendapatkan suasana baru tanpa harus pindah rumah? Dalam katalog The Ultimate Home Lighting Solution yang dipublikasikan oleh Philips Indonesia, pencahayaan bisa mengubah rumah karena mampu meningkatkan kualitas ruang dan menjadikannya lebih hidup.

Cahaya dapat menciptakan daya tarik untuk memunculkan dimensi ruang, fitur arsitektur, dan sekaligus menambah elemen dekoratif.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh pencahayaan. Pertama, meningkatkan kualitas ruang dengan memainkan cahaya pada ruang tersebut. Gunakan cahaya aksen. Cahaya ini mampu meningkatkan rasa dan proporsi ruang. Selain itu, cahaya juga dapat mengisi ruang yang luas dan terbuka dengan cahaya fokus.

Kedua, cahaya dapat menonjolkan fitur menarik. Tentu, cara ini cukup mudah. Anda hanya perlu menyorotkan cahaya pada objek tersebut. Sinari objek istimewa, seperti karya seni. Anda akan lihat betapa langkah mudah ini bisa mengubah interior rumah.

Ketiga, menampilkan suasana hati. Agar mampu menampilkan suasana hati, Anda butuh sumber cahaya yang fleksibel. Kelenturan ini bisa didapatkan dengan cara memasang dimmer atau menggunakan beberapa sumber cahaya. Hindari penggunaan down lamp yang menyorot langsung ke bawah seperti lampu di rumah pada umumnya. Alih-alih, gunakan beberapa sumebr cahaya dengan cara beragam.

Pastikan juga Anda menggunakan pencahayaan yang tidak menyilaukan mata, nyaman dilihat, dan aman untuk mata. Anda bisa menggunakan lampu berteknologi LED untuk memberikan pencahayaan istimewa di rumah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com