Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Harga Melejit, Perkantoran "Grade A" Tetap Diburu

Kompas.com - 29/10/2013, 11:22 WIB
Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski harga perkantoran terus melejit, antusiasme investor terhadap produk properti perkantoran masih sangat positif. Hal ini dibuktikan dengan terjual habisnya menara kantor grade A Lippo Thamrin yang diluncurkan secara resmi pada tengah Oktober 2013 lalu.

Country Head Jones Lang LaSalle (JLL) Todd Lauchan mengatakan, selain keunggulan produk yang dikembangkan, pemilihan strategi pemasaran yang tepat disertai momentum yang sangat mendukung menjadi faktor utama keberhasilan penjualan tersebut. Terlebih, kata Todd, situasi saat ini yang mencerminkan banyaknya penawaran menara-menara kantor baru.

"Pencapaian ini juga merupakan rekor baru dalam industri properti di Indonesia, khususnya untuk segmen perkantoran, karena seluruh unit yang ditawarkan habis terjual dalam tempo satu setengah hari," kata Todd dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (29/10/2013).

Sebelumnya, Todd pernah melaporkan, kendati realisasi pertumbuhan ekonomi sampai dengan semester I 2013 hanya 5,9 persen, namun tak mengurungkan niat perusahaan untuk melakukan ekspansi bisnisnya yang membutuhkan ruang kantor baru. Meningkatnya kebutuhan ini berdampak pada melesatnya harga perkantoran sewa dan strata kelas A.

Saat ini, harga perkantoran sewa di kawasan bisnis terpadu (central business district/CBD) Jakarta sudah mencapai Rp 300.000-Rp 500.000 per meter persegi/bulan di luar biaya servis. Sementara harga perkantoran strata menembus angka Rp 55 juta meter persegi.

Seperti diketahui, menara kantor Lippo Thamrin adalah salah satu menara kantor grade A di kawasan Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat. Perkantoran ini ditawarkan melalui skema strata title. Menara perkantoran tersebut dibangun oleh PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) yang merupakan perusahaan properti terbuka di Indonesia berdasarkan total aset dan pendapatannya. Dengan divisi usaha LPKR meliputi Residential/Township, Retail Malls, Hospitals, Hotels dan Asset Management, LPKR tercatat di Bursa Efek Indonesia dengan kapitalisasi pasar senilai Rp 24 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com