Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Rendering", Seni Rekayasa Menipu Mata

Kompas.com - 28/10/2013, 09:36 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber dezeen
KOMPAS.com - Teknologi bisa membantu sekaligus juga "menipu" mata Anda. Seniman muda asal Serbia, Milan Stevanovi? membuat "rendering" yang tampak seperti sebuah foto. Dalam karyanya tersebut, Stevanovi? menyertakan beberapa furnitur Skandinavia modern yang tampak minimalis.
 
Stevanovi? menggunakan 3DS Max untuk membuat model furnitur dan membuat simulasi bahan-bahan yang dia buat di Marvelous Designer. Terlepas dari kenyataan bahwa Stevanovic hanya menggunakan furnitur untuk membuat sebuah gambar digital yang menyerupai foto, dia telah berhasil membuat tampilan sebuah ruangan yang tampak segar dan indah.
 
Tampilannya dipenuhi warna putih yang cerah, kayu-kayu berwarna muda, hijau, dan hitam. Stevanovi? juga menyertakan cahaya agar membuat tampilan ruangan tersebut lebih tampak nyata. Beberapa waktu yang lalu, Peter Guthrie, seniman pembuat visualisasi arsitektural juga angkat bicara soal seni rekayasa ini.

"Kebanyakan furnitur (yang digunakan dalam gambar) menarik perhatian saya ketika menjelajahi situs desain berbeda-beda. Menurut saya, furnitur tersebut merupakan contoh luar biasa dari desain furnitur modern yang segar. Tujuan saya adalah untuk menciptakan desain interior yang bersih dan segar, serta mengelompokkan semua furnitur tersebut bersama," ujar Stevanovi?.

 
Karya-karya Stevanovi? berupa kursi goyang karya desainer asal Ceko, Tomáš Vacek dan lemari bernama Slap buatan studio asal Italia Whatwelike To Design. Stevanovi? sudah mengubah sedikit desain Slap untuk memenuhi "kebutuhannya" dalam gambar tersebut. Ia juga menggunakan tiga meja kopi, yaitu Eames Occasional Table LTR dari Vitra di dekat kursi goyang, Rolf Benz 840 di dekat sofa, dan Normann Copenhagen Tablo. Selain menggunakan furnitur karya orang lain, Stevanovi? juga menggunakan sofa hasil desainnya.
 
Furnitur-furnitur yang ditemukannya di internet dibuat modelnya dengan teknik poly-modelling sederhana. Dia menggunakan penggubah-suai Cloth untuk soda dan penggubah-suai MassFX untuk kursi goyang Haluz.
 
"Ini adalah sebuah fantasi. Kebanyakan barang-barang saya buat dari nol. Lainnya, seperti buku, tulip, dan berbagai benda lain saya temukan di internet. Beberapa gratis, dan sisanya bisa dibeli," ujar Stevanovi? mengenai proyeknya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com