Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Cara Mudah, Murah dan Cepat Mendekorasi Rumah!

Kompas.com - 26/10/2013, 08:48 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Bagi pemilik rumah baru, akhir pekan bisa menjadi kesempatan istimewa untuk mulai membenahi rumah. Sayangnya, beberapa proyek dekorasi bisa memakan waktu lebih lama dari dua hari. Artinya, Sabtu dan Minggu belum cukup untuk melakukan proyek dekorasi tersebut.

Oleh karena itu, pilihlah beberapa dekorasi yang tidak hanya ringkas dan cepat, namun juga murah dan tetap mampu tampil cantik. Berikut ini beberapa proyek sederhana yang bisa Anda lakukan.

 
Kontributor Houzz, Laura Gaskill menyarankan Anda untuk merangkai bunga. Anda bahkan tidak memerlukan vas jika belum memilikinya. Gunakan saja gelas kaca untuk merangkai bunga-bunga tersebut. Anda juga bisa menggunakan cangkir teh atau gelas anggur. Jangan lupa memotong tangkai bunga agar tetap segar. Gaskill juga menyarankan Anda untuk memajang rangkaian bunga dalam gelas-gelas secara berkelompok.
 
Kedua, buatlah sebuah pojok koleksi. Carilah barang-barang yang memiliki warna serupa, kemudian gabungkan dalam satu area. Gaskill memberikan ide yang patut Anda contoh. Manfaatkan sebuah kredensa dan pajang vas-vas berwarna putih di atasnya. Jika Anda tidak memiliki vas yang berwarna putih sempurna, Anda bisa mengecatnya terlebih dahulu.
 
Proyek ketiga  adalah menutup belakang lemari, terutama lemari terbuka dengan kertas kado. Hindari menggunakan wallpaper karena akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Lepaskan dahulu rak-rak di dalam lemari tersebut. Kemudian, tutup bagian belakangnya, baru pasang kembali rak-rak tersebut.
 
Proyek keempat, skema warna. Jangan salah, memilih skema warna pun membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, setidaknya dua hari penuh cukup untuk Anda manfaatkan. Bahkan, cobalah melakukannya hanya dalam waktu 15 menit. Dalam waktu tersebut, segera kombinasikan apa yang menurut Anda menarik mata.
 
Proyek kelima adalah mempercantik meja kopi dan tempat tidur. Anda tidak perlu melakukan banyak hal. Intinya, menempatkan barang-barang unik di atas meja kopi dan menempatkan aksen cantik (misalnya bantal) ke atas tempat tidur Anda. Anda bisa mempercantik meja kopi dengan menempatkan nampan dan mengisinya dengan satu karangan bunga dan setumpuk buku.
 
Proyek keenam adalah membuat sebuah dinding menjadi papan tulis. Anda bisa menggunakan cat khusus papan tulis untuk membuat dinding tersebut. Karena warna dinding tersebut akan gelap (hitam), maka Anda perlu memilih ruangan yang memiliki banyak sumber cahaya.
 
Proyek ketujuh jauh lebih sederhana, yaitu bersihkan daun-daun tanaman hias. Anda tidak perlu menggunakan larutan pembersih apapun. Cukup menggunakan lap dan air bersih untuk menghilangkan debu yang mungkin menempel di tanaman hias. Selamat berakhir pekan!
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com