Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak! Trik Jitu Percantik Rumah Tanpa Renovasi

Kompas.com - 19/10/2013, 18:00 WIB
Tabita Diela,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Merenovasi seolah memperpanjang usia rumah. Pemiliknya pun merasa lebih segar dan kebosanan atau kejenuhan yang dirasakan bisa hilang. Sayangnya, merenovasi rumah memerlukan komitmen yang besar.

Banyaknya biaya dan debu yang harus dihadapi pemiliknya setiap hari membuat solusi ini harus diputuskan matang-matang. Jika belum siap dengan konsekuensinya, lalukan saja cara mudah mengubah tampilan rumah tanpa renovasi berikut ini.

Cara pertama adalah memperbarui tampilan lantai. Untuk melakukan ini, Anda bisa menggunakan karpet. Atur "ubin" karpet hingga menutupi sebagian area di dalam ruangan. Pilihlah warna yang menarik agar perubahan di ruangan tersebut dapat segera terasa. Anda juga bisa menggunakan rug area untuk memberikan efek serupa.

Berikan efek yang lebih unik lagi dengan memilih karpet bercorak kayu atau besi. Corak dan tekstur yang berbeda dari karpet pada umumnya membuat ruang lebih istimewa. Karpet dari potongan kayu, misalnya, dapat memberikan efek yang sama jika Anda mengganti lantai dengan kayu.

Cara kedua adalah mengganti tampilan dinding. Alih-alih mengecat dinding atau menggunakan ubin untuk menutup dinding, cobalah menggunakan wallpaper yang bisa dilepaskan.

Untuk dinding yang sudah ditutup dengan ubin, gunakan "tato ubin" dari stiker tahan air. Konsepnya tidak jauh berbeda dari wallpaper. Hanya, "tato ubin" ini memang didesain khusus untuk menutup ubin standar. Nate Berkus (http://www.youtube.com/watch?v=SRRlDHCjTZc) dari Nate Berkus Show mencontohkan penggunaan "tato ubin" yang sangat mudah. Sama persis seperti menempatkan stiker di dinding, seketika dinding ubin Anda pun tampak cantik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com