Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membersihkan Rumah Sama dengan Berolahraga Satu Jam di Pusat Kebugaran!

Kompas.com - 16/10/2013, 13:06 WIB
Tabita Diela,
M Latief

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tidak ada kata sia-sia dari upaya Anda merapikan dan membersihkan rumah, sekecil apapun upaya itu. Meskipun suatu saat rumah Anda akan kembali kotor atau berantakan, ternyata kegiatan membersihkan rumah membuat tubuh sehat dan bugar.

Kontributor apartmenttherapy.com, Alysha Findley mengatakan, hasil studi mengungkapkan bahwa pekerjaan rumah mampu memberikan hasil serupa dengan menghabiskan satu jam berolah raga di pusat kebugaran. Sementara hasil studi lain mengungkapkan, mengubah perspektif Anda mengenai pekerjaan rumah mampu membuat Anda lebih fokus mengerjakannya, dan lebih banyak membakar kalori.

Penelitian tersebut melibatkan satu kelompok yang terdiri dari 84 pekerja hotel. Setengah dari kelompok tersebut diberi tahu bahwa beberapa bagian otot mereka akan terbentuk dan mereka akan membakar beberapa ratus kalori dengan hanya mengerjakan pekerjaan rumah. Setengahnya lagi tidak diberi tahun.

Hasilnya, kelompok yang diberi tahu ternyata memiliki berat badan, tekanan darah, lemak tubuh, rasio pinggang-ke-pinggul, dan indeks massa tubuh lebih rendah. Jadi, tunggu apa lagi, berikut ini beberapa kegiatan dan jumlah kalori yang bisa Anda "bakar"!

Menurut hasil studi yang dipublikasikan dalam apartmenttherapy.com, Calorie Lab, dan dailymail.co.uk, kegiatan membersihkan rumah terdiri dari beberapa jenis. Menyapu, mengepel, membersihkan lampu, dan berbagai kegiatan lainnya, masing-masing mampu membakar sejumlah kalori di tubuh Anda. Misalnya, Anda melakukan kegiatan seperti menyedot debu atau menyapu lantai. Rata-rata, Anda bisa membakar hingga 240 kalori perjam. Anda bisa mendengarkan musik dan gerakkan tubuh Anda sembari melakukan kegiatan ini. Hasil studi mengatakan, orang yang mendengarkan musik akan melakukan kegiatannya dengan lebih cepat.

Menggosok lantai bahkan bisa membuat Anda membakar 325 kalori per jam. Gosoklah lantai sembari berlutut dan kerahkan tenaga Anda.

Naik-turun tangga pun mampu membakar hingga 250 kalori per jam. Namun, sekali lagi, tanamkan di otak Anda bahwa ketika melakukan berbagai hal ini, Anda tengah berolah raga dan bukan melakukan pekerjaan rumah pada umumnya.

Menjaga anak yang tengah bermain, mengikuti permainannya dengan ikut berlari-lari, menggendong, dan mengangkatnya tinggi-tinggi sepuluh kali juga mampu membakar hingga 205 kalori per jam.

Kegiatan memasak mampu membakar 150 kalori per jam. Namun, usahakan Anda memotong, mencacah, mengulek, menumbuk, dan mencampurkan berbagai bahan masakan dengan tangan Anda sendiri. Minimalisir penggunaan alat elektronik untuk hasil lebih maksimal.

Mencuci baju mampu membuat Anda kehilangan 260 kalori per jam. Pastikan Anda menaruh keranjang cucian di lantai agar Anda terus-menerus membungkuk. Sementara itu, mencuci piring pun mampu membuat Anda kehilangan 200 kalori per jam.

Data lebih detil bahkan disediakan oleh Calorie Lab. Menurut Calorie Lab, kegiatan lain, seperti menyajikan makanan (102 kalori/jam), memberi makan binatang peliharaan (102 kalori/jam), membawa belanjaan (442 kalori/jam), menyetrika (88 kalori/jam), membereskan tempat tidur (68 kalori/jam), memindahkan perabot (340 kalori/jam), menyiram tanaman (102 kalori/jam), bahkan merawat orang tua Anda yang sudah sepuh pun mampu membuat Anda kehilangan hingga 204 kalori per jam.

Nah, Anda pilih yang mana?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com