Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkat China, Proyek Infrastruktur 107 Km Terlaksana

Kompas.com - 16/10/2013, 11:06 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Berkat China, renovasi dan ekspansi jalur kunci sepanjang 107 kilometer yang menghubungkan San Jose, Kosta Rika, ke Pantai Karibia, provinsi
Limón
 Limón, terlaksana. Hal ini dipastikan setelah Bank Ekspor-Impor China menyetujui skema pembiayaan sebesar 395 juta dollar AS atau setara Rp 4,4 triliun.

Pekerjaan infrastruktur Route 32 tersebut akan dimulai awal bulan November 2013 dengan China Harbour Engineering Company Ltd sebagai kontraktor utama. Skema pembiayaan serupa juga dilakukan China dalam mendanai konstruksi proyek Baha Mar di Bahama.

Untuk diketahui, saat ini China tengah gencar menanamkan investasi di seluruh dunia. Sebelum mendukung proyek infrastruktur ini, mereka tercatat mengalirkan dana untuk pembangunan Manchester Airport serta sejumlah proyek strategis lainnya di Inggris.

Menurut Tico Times, "Kesepakatan Kosta Rika" ini diumumkan pertama kali pada Juni lalu ketika Presiden China Xi Jinping mengunjungi wilayah itu. Namun Presiden Kosta Rika, Laura Chinchilla, baru menandatangani kesepakatan tersebut pekan lalu.

Kesepakatan pendanaan itu berlangsung selama tenor 20 tahun dengan suku bunga 3,5 persen  dengan tenggang waktu hingga empat tahun.

Pinjaman tersebut akan membantu membiayai ekspansi proyek Route 32 senilai 485 juta dollar AS (Rp 5,5 triliun). Rute ini merupakan jalur utama yang paling berkembang dan digunakan  menuju kawasan pantai barat sebagai destinasi wisata dunia. Selain untuk kepentingan pariwisata, perbaikan Route 32 akan memperlancar arus dan distribusi barang dari Pelabuhan Limón ke pusat kota.

Sebagian jalan akan diperluas dari dua hingga empat jalur dan akan mencakup 26 kilometer yang didedikasikan untuk jalur sepeda. Ekspansi juga meliputi 36 jembatan baru dan 23 penyeberangan untuk pejalan kaki.

Kosta Rika berharap Dewan Legislatif menyetujui kesepakatan tersebut, agar proses konstruksi sesuai dengan jadwal yang ditetapkan yakni dimulai pada awal bulan depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com