Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"House of Trades", Tempat yang Cocok untuk Ibu-ibu Muda!

Kompas.com - 14/10/2013, 13:20 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - "House of Trades" atau Rumah Berdagang di desa Cerro La Granadilla, sekitar 50 kilometer dari Ibukota Republik Guatemala, Guatemala City, merupakan jawaban bagi para perempuan, para ibu-ibu muda, untuk belajar berdagang dan mulai mandiri secara finansial. Tak hanya itu. Di tempat mereka juga dapat berkegiatan sembari menjaga anak mereka.

Konstruksi berkelanjutan tersebut dibuat oleh sekelompok pelajar, sukarelawan, profesional, dan pekerja lokal. Mereka menamakan diri Team C.A.S.A (Central American Sustainable Architecture, atau Arsitektur Berkelanjutan Amerika Tengah).

Giulia Celentano Konstruksi House of Trade ini melibatkan pelajar, sukarelawan, para profesional, dan juga pekerja lokal. Selama dua bulan, mereka membangun sebuah fasilitas sederhana bagi perempuan setempat.
Team C.A.S.A membangun konstruksi berkelanjutan yang mampu beradaptasi dengan baik pada lingkungan tempatnya berada. Konstruksi ini bisa "diterjemahkan" kembali untuk membangun hunian yang tepat bagi daerah lain di Amerika Selatan.

Giulia Celentano House of Trade menggunakan bahan-bahan lokal, seperti kayu, bambu, dan tanah setempat.
Struktur ini dibangun selama dua bulan. Di dalamnya terdapat ruang terbuka yang fleksibel penggunaannya, serta sebuah dapur.

Kanopi kayu dan rangka bangunan ini dibuat dari kayu lokal. Kayu-kayu ini mudah didapatkan dan berperan sebagai peneduh bagi pengguna konstruksi dari terik matahari dan hujan.

Ruang fleksibelnya bisa digunakan sebagai ruang berkumpul warga pedesaan. Tidak hanya rangkanya, dinding bangunan ini juga menggunakan tanah setempat. Sementara, lantai bangunan ini dibuat dengan beton dan dilapisi dengan plaster untuk menjaga keawetannya.

Giulia Celentano Bagian interior dapur House of Trade. Konstruksi ini hanya terdiri dari dua bagian: dapur dan ruang serbaguna terbuka. Sebenarnya, tidak hanya kaum perempuan. Semua warga desa Cerro La Granadilla bisa menggunakan fasilitas ini.
Agar pengguna konstruksi ini semakin nyaman, Team C.A.S.A menggunakan massa termal tebal. Massa termal tersebut berguna untuk menahan fluktuasi temperatur ekstrem di sekitar lokasi. Begitu juga dengan bambu-bambu yang dianyam bersama menjadi peneduh.

Tidak hanya menarik bagi penduduk sekitar, konstruksi ini juga menjadi perbincangan hangat pada Kongres III CUCS, Torino 2013, yang diadakan 19-21 September lalu. Acara bertajuk "Menuju Kebudayaan Bekerjasama: Jaringan Universitas-Universitas Menghadapi Wajah Baru Tantangan Pembangunan".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com