Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangku Taman, Solusi Cerdik Menampung Air Hujan

Kompas.com - 08/10/2013, 07:22 WIB
Tabita Diela,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi


Mereka mendapat tugas dari BMW Guggenheim Lab untuk turut berpartisipasi dalam visi jangka panjang The Think Tank mengembangkan berbagai bentuk intervensi yang diharapkan mampu memberikan keuntungan bagi kota dan lingkungan urban. Menjawab tantangan ini, MARS Architects secara khusus berfokus pada kekhawatiran seputar persediaan air.
 
Namun, alih-alih membuat sistem konservasi air yang rumit, MARS Architects melakukan pendekatan berbeda. Konsultan ini justru membuat bangku taman yang dapat mengumpulkan dan menyimpan air hujan lewat bantalan berfungsi khusus. Bangku tersebut disebut "Water Bench".

Bentuknya seperti kerikil berukuran besar yang diselimuti bantalan sofa. Sekilas, permukaannya mirip dengan sofa chesterfield. Dengan adanya bangku-bangku menyerupai sofa tersebut, terlebih tampilan permukaannya yang mirip sofa mewah, taman-taman umum bisa dipandang sebagai ruang tamu urban raksasa.

 
Bangku-bangku ini merupakan prototipe pertama dari solusi berskala kecil yang bertujuan membuktikan fungsi multi dan keberlangsungan (sustainability) dalam desain urban. Masing-masing bangku yang bisa diduduki oleh dua hingga tiga orang dewasa ini mengumpulkan dan menyimpan air hujan untuk menyirami tanaman di dekatnya. Solusi cerdik ini bisa memutuskan ketergantungan taman-taman pada sumber air kota. 
 
Bangku-bangku ini sebagian dibuat dari polyethylene daur ulang. Setiap bangku memiliki dua bagian, bagian yang ada di permukaan tanah dan di bawah tanah. Keduanya dibuat dengan menggunakan cetakan yang sama. Bagian yang ada di permukaan tanah dilapisi dengan permukaan khusus. Permukaan tersebut mampu membuat air masuk dengan mudah ke dalam tangki di dalam bangku, mengurangi kelembaban, dan membuat permukaannya kembali kering agar nyaman diduduki.
 
Bangku taman ini tersedia dalam tiga kapasitas berbeda, 500, 1.000, dan 1.800 liter. Tentu, perbedaan kapasitas ini menyebabkan perbedaan ukuran. Masing-masing ukuran dapat ditempatkan dalam skenario yang berbeda. Bangku-bangku ini tengah diuji coba di Mumbai, India. Dari uji coba tersebut, bangku-bangku ini tampak cantik dan memiliki fungsi apik sebagai solusi penyimpan air.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com