Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warna Aksen Bikin Interior Rumah Lebih Keren

Kompas.com - 01/10/2013, 08:44 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Tidak hanya pemilihan warna cat dinding yang bisa membangun nuansa interior rumah. Pemberian warna aksen interior rumah juga mampu membangun hal serupa. Sayangnya, salah menempatkan warna aksen akan membuatnya tidak menonjol. Pilih tempat dan cara yang tepat agar aksen warna lebih "nendang" dan terasa efeknya sesuai dengan harapan.

Cobalah memulai dengan memberikan warna pada fitur tertentu di dalam rumah. Misalnya, jika rumah Anda menggunakan banyak warna putih, berikan warna hijau muda pada rangka jendela di atas wastafel dapur. Kemudian, perkuat aksen tersebut dengan mengulangi warna serupa pada aksen di atas pintu, atau dengan menempatkan perabotan berwarna serupa.

Jika Anda cukup berani dalam penggunaan warna, cobalah mewarnai lemari dapur. Mewarnai lemari dapur akan mencuri banyak perhatian. Contoh uniknya ada pada dapur bernuansa kayu muda. Seluruh lemari dapur memiliki warna yang sama. Hanya ada satu lemari dapur di atas wastafel yang memiliki warna berbeda. Untuk menjaga konsistensi, Anda juga bisa mewarnai meja island dengan warna serupa.

Bagian lain yang dapat mencuri perhatian adalah kain pelapis sofa atau kursi. Kain pelapis, atau yang sering disebut dengan upholstery berwarna monokromatis akan tampak cantik dan elegan. Tapi, tidak ada salahnya menambah warna-warni mengejutkan seperti merah muda untuk mencuri perhatian di ruang tamu. Jika belum berani mengubah warna pelapis sofa dengan warna mencolok, cobalah mengganti sarung bantal dengan warna mencolok.

Cara lain memberikan aksen yang langsung terasa adalah dengan menyertakan karya seni. Dengan ruang yang dipenuhi warna hitam dan putih, karya seni berwarna kuning akan segera menyemarakkan ruangan.

Pencahayaan juga dapat memberikan nuansa tersendiri. Anda bisa membangun mood  dengan menggunakan warna lampu tertentu atau bentuk lampu yang unik. Bentuk lampu unik ini akan menjadi pencuri perhatian dan memberikan nuansa khas.

Terakhir, berikan aksen dalam bentuk karpet besar. Karpet yang sering juga disebut dengan rug area ini akan semakin menguatkan nuansa di dalam ruangan jika warna karpet senada dengan beberapa bantal di sofa Anda. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com