Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hunian Fleksibel, Penting!

Kompas.com - 30/09/2013, 06:42 WIB
Tabita Diela

Penulis

dezeen Slip House mencakup tiga lantai. Dinding terluar rumah ini dilapisi kembali dengan menggunakan lembaran kaca tembus pandang. Selain
dezeen Di dalam rumah tersebut, tepatnya di lantai dasarnya, Carl Turner membuat studio yang digunakan sebagai kantor atau tempatnya bekerja. Ukurannya cukup besar.
dezeen Dilengkapi dengan dapur berkonsep terbuka.
KOMPAS.com — Slip House yang ada di Brixton, London, Inggris, merupakan rumah istimewa. Rumah tersebut dibuat oleh Carl Turner dan pasangannya untuk digunakan sendiri. Uniknya, tidak hanya sebagai tempat tinggal, tetapi juga kantor. Lewat rumah tersebut, Turner menekankan bahwa fleksibilitas hunian di London merupakan hal penting.
 
Slip House mencakup tiga lantai. Dinding terluar rumah ini dilapisi kembali dengan lembaran kaca tembus pandang. Selain "membran" unik tersebut, ada lagi yang membuat rumah ini tampak unik. Ketiga lantainya seolah ditumpuk tidak rata. Lantai teratas tampak lebih maju dari lantai di bawahnya. Rumah ini terkesan terbuat dari tumpukan ruangan.
 
Di dalam rumah tersebut, tepatnya di lantai dasarnya, Carl Turner membuat studio yang digunakan sebagai kantor atau tempatnya bekerja. Ukurannya cukup besar. "Rumah ini benar-benar fleksibel. Kami punya ruang yang luar biasa di lantai dasar, kami kini menggunakannya sebagai kantor kami dan ruang studio. Namun, jika kami pindah dari tempat ini, kami bisa menggunakan seluruh ruang sebagai sebuah rumah lagi," ujar Turner.
 
Selain lantai dasar, masih ada lantai pertama dan lantai kedua. Lantai pertama difungsikan sebagai ruang keluarga berkonsep terbuka (open plan) dan ruang makan. Ruang ini bisa dengan mudah diubah menjadi ruang tidur jika lantai dasar dikembalikan menjadi ruang keluarga. 
 
Slip House mendapat penghargaan RIBA Manser Mesal 2013 baru-baru ini. Para juri mengomentarinya sebagai sebuah demonstrasi komitmen yang bisa dikagumi bagi kreasi rumah rendah energi. Rumah ini memiliki penambahan terbarukan yang terintegrasi secara efektif dalam desain bangunan.

Selain itu, para juri berpendapat, ambisi ramah lingkungan tidak mendominasi kulitas ruang yang diciptakannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com