Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Sekadar Tinggi, Plafon Juga Harus "Berisi"

Kompas.com - 27/09/2013, 07:29 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Alangkah idealnya jika bisa memiliki rumah berplafon tinggi di daerah tropis. Plafon semacam ini memungkinkan perputaran udara yang lebih baik dan membuat interior rumah terasa sejuk. 

Sayangnya, ketika benar-benar memiliki plafon berukuran di atas rata-rata, pemilik rumah justru bingung mendekorasinya. Daripada bingung dan menebak-nebak ornamen yang bisa membuatnya tampak "berisi" dan cantik, berikut ini caranya.

Pertama, manfaatkan molding gipsum yang tampak glamor untuk mengisi dinding di bagian yang tidak terjangkau. Molding semacam ini akan menambah tekstur pada dinding dan menghindari kesan kosong.

Kedua, gunakan warna gelap pada langit-langit untuk memberikan kesan hangat. Secara visual, plafon berwarna gelap dapat "menipu" pemilik rumah hingga merasa langit-langit jauh lebih dekat dari sebelumnya. Anda bisa mewarnai plafon dengan cat atau menutupinya dengan kayu berwarna tua untuk kesan yang lebih klasik dan elegan. Melapisi salah satu dinding dengan batu alam pun dapat menjadi perpaduan yang cantik bagi plafon berwarna gelap tersebut.

Ketiga, "pisahkan" dinding dengan memberikan warna yang berbeda. Jika warna berbeda terasa tidak menyenangkan, buat saja garis horizontal yang cukup tebal untuk menjaga agar plafon tinggi tidak tampak terlampau kosong.

Keempat, tambahkan struktur. "Memajang" kuda-kuda atap yang terbuat dari kayu akan menambah cantik untuk mengisi kekosongan plafon berukuran tinggi. Biarkan kuda-kuda tersebut dapat terlihat dari bagian dalam rumah. Sertakan chandelier atau lampu gantung untuk menambah keindahannya.

Kelima, ganti bentuk dan detil jendela. Ruangan berplafon tinggi akan semakin terang dan nyaman jika diberikan jendela berukuran besar. Buatkan bentuk melengkung pada bagian atas jendela untuk memberikan ilusi bahwa jendela tersebut "menarik" atap rumah Anda ke bawah.

Keenam, berikan hiasan-hiasan unik untuk "memecahkan" dinding dan membuatnya tampak berisi. Anda bisa menggantung karya seni skulptural setinggi dua lantai untuk mengisi dinding Anda.

Ketujuh, gunakan dua material berbeda, atau material yang sama dengan warna berbeda untuk "membelah" dinding menjadi dua. Gunakan panel kayu dengan warna berbeda pada bagian atas dan bawah.

Jangan lupa menambahkan karya seni, lampu gantung, dan memastikan barang-barang tersebut memiliki skala yang tepat terhadap bagian interior rumah Anda. Karya-karya seni ini mampu mengisi kekosongan yang ada di atas kepala Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com