Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih... Enam Kota Tepi Pantai Terbaik di Dunia!

Kompas.com - 26/09/2013, 10:43 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Kota-kota tepi air (waterfront cities)  yang ideal memang sulit ditemukan. Namun, bukan berarti tidak ada. Baru-baru ini Project for Public Space (PPS), sebuah lembaga nirlaba, memilih enam terbaik dari sebanyak 200 kota tepi air di seluruh dunia.

Memang, Adalah hal sulit mendapatkan hasil sesuai kriteria yang ditetapkan, meskipun ada unsur-unsur menjanjikan yang mereka tawarkan di kemudian hari. Hingga akhirnya, PPS mengerucutkan penilaian hanya pada dua kriteria, yakni waterfront cities untukmenekankan pada cara lingkungan kota tersebut dapat terhubung satu sama lain dan menopang berbagai kegiatan publik. 

Kriteria kedua adalah waterfront place yang tampak hanya berorientasi pada tujuan individual dan bagaimana sebuah ruang publik dapat dimanfaatkan secara bersamaan. Adapun contoh kota yang mereka survei itu adalah Hongkong, Vancouver, Miami, Athena, London, Paris, Buenos Aires, Detroit, Milwaukee, Chicago, Celeveland dan Zurich.

Keenam kota ini menawarkan berbagai kemungkinan termasuk memadukan ruang publik tepi air dengan kehidupan yang lebih luas dari masyarakat setempat. Kota-kota ini juga menampilkan aset-aset terbaiknya. Dengan mengeksplorasi lingkungan tepi air, Anda bisa merasakan seluruh denyut kehidupan kota.

Berikut enam kota terbaik pilihan PPS:

Stockholm, Swedia

Sebagai kota pulau, pantai di sini benar-benar merupakan jantung kota dan telah menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Kota ini menyediakan cara-cara baru dan berbeda untuk orang-orang agar bisa menikmatinya. Ada ruas-ruas jalan sepanjang pantai yang bisa digunakan berjalan kaki, bersepeda, serta memungkinkan warga menikmati berbagai obyek sepanjang garis pantai.

Hal yang membedakan Stockholm ketimbang kota lainnya adalah area berjalan dan lapangan terbuka yang secara alami menarik orang untuk menyusurinya. Di sini juga terdapat beberapa destinasi di atas air, seperti Balaikota dan King's Garden. 

Secara keseluruhan, Stockholm merupakan kota paling ramah bagi pejalan kaki. Tak hanya di tepi pantai, kota ini juga menyediakan jalur pedestrian di setiap sudut kota yang akan menghubungkan Anda menuju tempat-tempat lainnya secara mudah.

www.wikimedia.org Venesia merupakan kota tepi air paling klasik dan popular karena memiliki streetscape dari saluran air yang melintasi seluruh kota.
Venesia, Italia

Amsterdam boleh disebut Venesia dari Utara dan San Antonio adalah Venesia dari belahan bumi Barat. Akan tetapi, hanya ada satu Venesia asli dan terbaik, yakni di Italia. Venesia merupakan kota tepi air paling klasik dan popular karena memiliki streetscape dari saluran air yang melintasi seluruh kota.

Tak seperti di beberapa kota dengan unsur geografi biasa di mana jalan raya merupakan aspek paling bermasalah dari lanskap perkotaan, di Venesia, "jalan raya" adalah bagian paling indah. Tersesat di jalan setapak merupakan cara terbaik untuk menikmati setiap relung kota ini.

Venesia dirancang dengan sangat indah, di mana setiap adegan meninggalkan jejak abadi dalam memori Anda. Tantangan yang dihadapi adalah bagaimana mengidentifikasi bahan-bahan yang yang ada, menjadi berguna bagi lingkungan perkotaan supaya lebih kontemporer

www.wikimedia.org Kota ini terletak di ujung semenanjung yang menjorok ke Laut Baltik. Hampir seluruh bagian kota berada di tepi pantai.
Helsinki, Finlandia

Kota ini terletak di
ujung semenanjung yang menjorok ke Laut Baltik. Hampir seluruh bagian kota berada di tepi pantai. Selain perannya sebagai pusat regional untuk angkutan feri, perahu wisata, dan kapal laut, tepi pantai berfungsi sebagai tempat pertemuan paling sohor dengan adanya pasar, taman, dan esplanade.

Anda dapat bersepeda di sepanjang jalan dengan tenang dan aman. Ritual ini akan membawa Anda ke lingkungan masa lalu di sekitar ruang publik mungil. Sentra-sentra komunitas merupakan area pelengkap bagi destinasi wisata yang lebih besar.

Yang terbaik dari Helsinki adalah pusat area tepi air. Dalam arti, semua "jalan" (termasuk saluran air) merupakan titik fokusnya. Masyarakat secara intuitif dapat mengikuti jaringan rumit jalan-jalan kecil untuk sampai kepada sebuah promenade dan atau hanya mengikuti saluran air.

www.wikimedia.org Kota ini menghadap Teluk Biscay, promenade indah mengikuti lengkungan pantai dari satu ujung kota ke ujung yang lain.
San Sebastian, Spanyol

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com