Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Fotografi, Merekam Waktu yang "Berhenti"

Kompas.com - 23/09/2013, 14:23 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber Dailymail
TEXAS, KOMPAS.com - Ini merupakan koleksi foto-foto unik dari fotografer Emily Blincoe. Blincoe memotret rumah milik mendiang kakek dan nenek buyutnya, pasangan Reimer, yang selama 26 tahun dibiarkan tidak tersentuh.

Memang, meski bukan yang utama, namun fotografi merupakan bagian dari arsitektur. Melalui fotografi, keunikan desain, keindahan, dan perannya di masyarakat dapat terekam dan diabadikan agar generasi selanjutnya dapat mengembangkan karya arsitektur tersebut, atau sekedar mengingatnya sebagai referensi.

www.dailymail.co.uk Proyek fotografi bertajuk
Pada momen-momen tertentu, fotografi juga mampu mengabadikan kenangan, selain gedung semata. Ini yang dilakukan oleh Emiliy Blincoe di rumah tersebut.

Biasanya, jika memotret sebuah bangunan yang sudah ditinggalkan bertahun-tahun, sang fotografer akan berfokus pada apa yang tampak dalam permukaan di dalam rumah, misalnya arsitekturnya. Namun, Emily mencari lebih jauh dari itu, yaitu cerita di belakangnya.

Blioncoe memotret di sebuah rumah bergaya peternakan di Smithville, Texas. Rumah tersebut merupakan milik mendiang kakek dan nenek buyut Blincoe, Emil dan Alma Reimers. Selama 26 tahun, rumah ini sudah ditinggalkan, tepatnya setelah kematian Emil dan Alma pada 1983 dan 1987.

www.dailymail.co.uk Bagian dalam rumah ini tidak porak-poranda. Masih ada bagian-bagian yang persis seperti waktu sebelum rumah tersebut ditinggalkan oleh pemiliknya.
Namun, bagian dalam rumah ini tidak porak-poranda. Masih ada bagian-bagian yang persis seperti waktu sebelum rumah tersebut ditinggalkan oleh pemiliknya.

Melalui blognya, Thesewoods.com, Blincoe menceritakan latar belakang rumah ini, berikut berbagai kenangan yang terpicu ketika dia memotretnya. Ternyata, Huffington Post dan Daily Mail kemudian menyebarkan cerita unik tersebut ke seluruh dunia.

Menurut Huffington Post, berdasarkan narasi yang dilakukan Blincoe, ruangan-ruangan di dalam rumah milik kakek dan nenek buyut Blincoe seolah "hidup" kembali. Namun, Blincoe justeru mengatakan, "Saya harap foto-foto ini tidak dilihat sebagai pengingat bagaimana rumah ini sebelumnya, namun justeru seperti saat ini."

www.dailymail.co.uk Selama 26 tahun, rumah ini sudah ditinggalkan, tepatnya setelah kematian Emil dan Alma pada 1983 dan 1987.
Proyek fotografi bertajuk "The Home Place" ini berisi belasan foto di sekitar rumah milik keluarga Reimers. Blincoe tidak hanya menjepret interior rumah tersebut, namun juga eksteriornya. Termasuk, sebuah truk tua berkarat di luar rumah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com