Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Sebelas Pencakar Langit Terbaik Dunia!

Kompas.com - 19/09/2013, 17:48 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com — Lupakan kota Singapura dan New York yang sarat gedung-gedung tinggi ikonik dan fotogenik. Pencakar langit terbaik justru berada di Kanada.

Emporis, sebuah lembaga yang menyediakan data proyek dan konstruksi memilih The Absolute World Towers sebagai bangunan jangkung baru terbaik tahun 2012. Gedung ini terletak di Mississauga, Kanada.

Tampilan visual apartemen tersebut sangat menarik dan memanjakan mata para pencinta skyscraper di seluruh dunia. MAD Ltd dan Burka Architects merancangnya dalam dua menara dengan postur meliuk-liuk. Bentuknya yang unik, memikat para juri internasional untuk memilihnya sebagai yang terbaik di antara 300 pencakar langit dengan ketinggian lebih dari 100 meter.

The Absoulte World Towers, secara absolut, dinilai sangat estetik, menarik, dan cantik. Oleh karena itu, ia dijuluki dengan sebutan "Marilyn Manroe". Lengkungannya begitu seksi dan satu sama lain sangat presisi.

Selain "Marilyn Monroe", terdapat gedung lainnya yang mendapat apresiasi sebagai 10 pencakar langit terbaik.

emporis.com Al Bahr Tower dirancang memiliki panel photovoltaic yang bereaksi terhadap sinar matahari.
Di posisi kedua terdapat Al Bahr Towers. Berbeda dengan jawara tadi, gedung ini justru dinilai merepresentasikan kemajuan teknologi. Ia dirancang memiliki panel photovoltaic yang bereaksi terhadap sinar matahari. Setiap terjadi pergerakan matahari, sebanyak 2.000 payung akan membuka dan menutup kembali untuk mereduksi sengatan panasnya di dalam gedung hingga 50 persen.

emporis.com Burj Qatar berada di Doha. Mahkota menara ini berfungsi sebagai penangkal petir.
Menyusul kemudian Burj Qatar. Lokasinya berada di pusat bisnis Doha. Menara gedung ini berfungsi sebagai penangkal petir. Fasadnya terbuat dari pola berlapis yang dirancang agar terlihat seperti layar Islam kuno untuk menaungi bangunan dari terik mentari.

emporis.com The Bow menempati peringkat keempat. Sesuai namanya, gedung ini memiliki pemandangan Sungai Bow, Calgary. Ketinggiannya yang mencapai 237,5 meter, menjadikannya sebagai pencakar langit tertinggi keenam di Kanada.
The Bow menempati peringkat keempat. Sesuai namanya, gedung ini memiliki pemandangan Sungai Bow, Calgary. Ketinggiannya yang mencapai 237,5 meter menjadikannya sebagai pencakar langit tertinggi keenam di Kanada. Gedung ini 30 persen lebih ringan dibanding bangunan lain karena terbuat dari baja dan kaca sebagai elemen dominan.

emporis.com House on Mosfilmovskaya 1. Pencakar langit ini termasuk sepuluh gedung tertinggi di Rusia dan menjulang setinggi 213 meter.
Tempat kelima diduduki House on Mosfilmovskaya 1. Pencakar langit ini termasuk sepuluh gedung tertinggi di Rusia dan menjulang setinggi 213 meter. Kolom beton eksposnya menyambung hingga ke gedung lainnya setinggi 132 meter.

emporis.com Pearl River Tower di Guangzhou, China berada di tempat keenam. Bangunan yang mengangkasa 309 meter ini merupakan salah satu yang paling hemat energi.
Pearl River Tower di Guangzhou, China berada di tempat keenam. Bangunan yang mengangkasa 309 meter ini merupakan salah satu yang paling hemat energi. Untuk operasionalisasi, pengelolanya memanfaatkan energi angin dan teknologi surya.

emporis.com Varya Meridian berisi 1.500 unit apartemen, dikombinasikan dengan hotel bintang lima dan ruang kantor.
Berturut-turut kemudian Varya Meridian yang berisi 1.500 unit apartemen, dikombinasikan dengan hotel bintang lima dan ruang kantor. Bagian luar bangunan berwarna terakota, dan bertransisi secara dramatis menjadi biru metalik ke bagian atas.

emporis.com UniCredit Tower merupakan markas besar UniCredit Bank dan tertinggi di Italia.
UniCredit Tower. Ini merupakan markas besar UniCredit Bank dan tertinggi di Italia. Ketinggiannya bisa dilihat dari radius 6 kilometer dan dihias lampu LED yang bisa mengubah warna tampilan gedung.

emporis.com Renaissance Barcelona Fira Hotel. Fasilitas akomodasi ini disapu warna putih pada fasadnya hampir di semua bagian dinding, kecuali sisi utara yang berwarna hitam.
Renaissance Barcelona Fira Hotel. Fasilitas akomodasi ini disapu warna putih pada fasadnya hampir di semua bagian dinding, kecuali sisi utara yang berwarna hitam. Fasilitas pelengkapnya antara lain taman vertikal yang berisi lebih dari 300 pohon palem.

emporis.com Dumankaya Ikon. Gedung di Istanbul, Turki ini adalah sebuah bangunan dengan fungsi ganda, apartemen sekaligus pusat belanja.
Dumankaya Ikon. Gedung di Istanbul, Turki, ini adalah sebuah bangunan dengan fungsi ganda, apartemen sekaligus pusat belanja. Terdiri atas tiga menara yang saling terkoneksi di lantai 12, 22, dan 32.

emporis.com Posisi buncit adalah Zhengzhou Greenland Plaza di Shengzhou, China. Properti multifungsi ini mencakup hunian, perkantoran, dan hotel sebanyak 435 kamar.
Posisi buncit adalah Zhengzhou Greenland Plaza di Shengzhou, China. Properti multifungsi ini mencakup hunian, perkantoran, dan hotel sebanyak 435 kamar. Menjadi menarik dan memukau para juri, sebab di atas menaranya terdapat cermin yang dapat merefleksikan pantulan sinar matahari hingga menembus ke dalam atrium hotel.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com