Vila Versace Laku Dilelang Rp 420 M - Kompas.com

Vila Versace Laku Dilelang Rp 420 M

Palupi Annisa Auliani
Kompas.com - 18/09/2013, 05:09 WIB
ROBERTO SCHMIDT / AFP Vila Casa Casuarina yang pernah dimiliki oleh desainer Italia, Gianni Versace. Gambar diambil pada 2005.
MIAMI, KOMPAS.com - Vila pantai yang mewah di Amerika Serikat tempat Gianni Versace -- perancang busana Italia-- pernah hidup dan kemudian dibunuh pada 1997, terjual seharga 41,5 juta dollar AS atau sekitar Rp 420 miliar, Selasa (17/9/2013).

Kepemilikan vila tersebut beralih kepada VM South Beach LLC, grup yang dipimpin oleh investor Joe Naskash. Perusahaan yang antara lain bergerak di usaha denim ini, merupakan satu dari tiga penawar dalam pelelangan vila tersebut. 

Penawar tertinggi kedua adalah putra taipan real estate Donald Trump, Eric Trump. Dikutip dari situs CNN, tawaran dari keluarga Trump adalah 41 juta dollar AS, berdasarkan keterangan dari Wakil Presiden Senior di Organisasi Trump. Sementara penawar ketiga adalah pemilik Palm Beach Polo dan Country Club, Glenn Straub.

Vila Casa Casuarina, nama vila bekas Versace itu, memiliki 10 kamar tidur dan 11 kamar mandi. Penawaran penjualan dibuka dengan harga 25 juta dollar AS, atau sekitar Rp 270 miliar. "Pelelangan ikon Florida Selatan ini ditutup pada 41,5 juta dollar, yang merupakan harga terakhir dari VM South Beach LLC. Kami pikir ini adalah kesepakatan yang sangat baik dan kami senang," kata Lamar Fisher, Presiden Perusahaan Lelang Fisher.

Versace ditembak mati oleh Andrew Cunanan di luar rumahnya ini pada 1997 dalam usia 50 tahun. Sebelumnya, Casa Casuarina dia beli pada 1992 dan kemudian dipermaknya dengan investasi tak kurang dari 33 juta dollar AS. Di antara renovasi tersebut adalah penambahan kolam renang mosaik sepanjang 54 kaki yang dilapisi emas 24 karat.

Lelang rumah ini berlangsung kurang dari 20 menit, berlokasi di kolam renang rumah yang beralamat di Ocean Drive 1116 tersebut. Menurut Eli Gindi dari VM South Beach LLC, vila ini akan diubah menjadi hotel butik.

Nakash dan Gindi saat ini telah memiliki Hotel Victor, sebuah bangunan art deco yang bersebelahan dengan vila Versace. Mereka berencana memperluas hotel itu ke vila Versace, dengan meminta izin keluarga Versace untuk tetap menggunakan nama desainer Italia itu sebagai bentuk penghormatan.

Vila Versace dibangun pada 1930, oleh arsitek dan dermawan Alden Freeman. Rumah ini adalah penghormatan Freeman untuk rumah tertua di belahan barat bumi, yang pada 1550 dibangun di wilayah yang sekarang menjadi bagian dari Republik Dominika oleh Diego Colon, Putra Christopher Columbus. Dalam bahasa Spanyol, nama Columbus adalah Cristobal Colon.

Versace membeli rumah tersebut seharga 2,9 juta dollar AS, atau sekitar Rp 30 miliar berdasarkan kurs saat ini. Setelah Versace terbunuh, keluarganya menjual vila ini pada 2000 seharga 19 juta dollar AS atau Rp 200 miliar kepada Peter Loftin.

Loftin kemudian menawarkan vila ini dengan bandrol 125 juta dollar AS, tahun lalu. Karena tak ada pembeli yang datang, harganya sempat diturunkan menjadi 75 juta dollar sebelum akhirnya diputuskan dilelang melalui Fisher.

PenulisPalupi Annisa Auliani
EditorPalupi Annisa Auliani
Sumber
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM