Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantongi Izin, Google Bangun Markas Besar Rp 11,3 Triliun!

Kompas.com - 10/09/2013, 12:33 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

worldpropertychannel.com Selain membangun perkantoran, mereka juga menawarkan ruang ritel seluas 50.000 kaki persegi. Laiknya kantor Google di AS, di sini juga mereka merancangnya senyaman mungkin.
worldpropertychannel.com Tak hanya itu, terdapat keistimewaan lainnya, yakni ruang parkir sepeda seluas 20.000 kaki persegi, fitur panjat tebing antar lantai, kolam renang, trek lari, bioskop dan taman atap.
KOMPAS.com — Raksasa internet Google akhirnya mendapat persetujuan dari Camden Borough Council untuk membangun markas baru mereka di Inggris.

Kantor pusat yang mereka kembangkan ini merupakan salah satu yang terbesar di luar Googleplex di California, Amerika Serikat. Area tempat kantor pusat Google ini berada merupakan salah satu redevelopment site seluas 27,11 hektar.

Managing Director Google untuk Inggris, Dan Cobley, mengatakan, membangun kantor pusat baru di King's Cross Central sangat baik untuk Google dan London. "Kami berkomitmen untuk Inggris dalam memainkan peran untuk menciptakan regenerasi bersejarah di daerah ini," ujarnya.

Markas baru Google merupakan bangunan setinggi 330 meter, mengalahkan pencakar langit tertinggi di Eropa Barat saat ini, yakni Shard yang menjulang 310 meter. The Telegraph melaporkan, Google harus merogoh kocek sekitar 650 juta poundsterling (Rp 11,3 triliun) untuk merealisasikan gedung futuristik di atas tanah seluas 0,8 hektar tersebut. Sebelumnya, Google juga telah membeli lahan di Paris, dan Dublin.

Selain membangun perkantoran, mereka juga menawarkan ruang ritel seluas 50.000 kaki persegi. Laiknya kantor Google di AS, di sini juga mereka merancangnya senyaman mungkin. Di dalam bangunan seluas 920.000 kaki persegi terdapat fitur-fitur yang mengakomodasi kebutuhan para karyawan. Di dalamnya termasuk ruang bersantap, arena bowling, pusat kebugaran berteknologi tinggi, lengkap dengan staf medisnya.

Tak hanya itu, terdapat keistimewaan lainnya, yakni ruang parkir sepeda seluas 20.000 kaki persegi, fitur panjat tebing antar-lantai, kolam renang, trek lari, bioskop, dan taman atap. 

Allford Hall Monaghan Morris
Allford Hall Monaghan Morris, sang arsitek, menciptakan promenade tiga dimensi yang membungkus semua unsur bangunan. Gedung ini didukung oleh teknologi canggih sebagai representasi satu lingkungan kerja bernuansa abad ke-21 untuk ribuan staf Google.

Pendekatan arsitektur terinspirasi oleh Stasiun Kereta Api International St Pancrass dan King Cross. Hal ini melengkapi warisan industri daerah yang kuat dan bakal menjadi sebuah bangunan yang pantas dibanggakan.

Google akan memulai konstruksinya pada awal tahun depan dan rampung pada tahun 2017. Masuknya Google diharapkan bakal menarik raksasa teknologi lainnya untuk menempati area di King's Cross Central ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com