Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Mengenal 10 Pencakar Langit Tersombong di Dunia!

Kompas.com - 07/09/2013, 06:23 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com — Menurut laporan yang dipublikasikan oleh Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH) awal September 2013 ini, dari seluruh bangunan tertinggi di dunia, 27 persen di antaranya tidak berpenghuni. Bukan karena pasar properti perkantoran tengah lesu, tetapi karena 27 persen bagian tersebut memang tidak bisa ditempati. 
 
CTBUH menyebut bagian tidak berpenghuni sebagai "Vanity Height" atau ketinggian yang dibangun hanya untuk kesombongan semata. "Vanity Height" yang ditemukan pada sepuluh bangunan tertinggi di dunia memiliki ukuran 94 meter hingga 244 meter. Konstruksi hiasan ini memiliki ketinggian yang sama dengan beberapa gedung low rise bahkan high rise di beberapa belahan dunia.
 
Berikut sepuluh bangunan tertinggi di seluruh dunia yang diurutkan berdasarkan ketinggian "Vanity Height".

Pada posisi kesepuluh, Minsheng Bank Building setinggi 231meter dibangun di Wuhan pada 2008. Gedung ini memiliki menara setinggi 94 meter. Di posisi kesembilan, The Pinnacle yang menjulang 360 meter memiliki menara 95 meter, dibangun di Guangzhou pada 2012.

Rose Rayhaan by Totana setinggi 333 meter berada di peringkat delapan, memililiki menara setinggi 96 meter dan dibangun pada 2007 di Dubai. Selanjutnya Emirates Tower Two yang merobek angkasa 309 meter, mahkotanya setinggi 97 meter dan dibangun pada 2000 di Dubai.

Di posisi keenam ada New York Times Tower setinggi 319 meter dengan ketinggian crown mencapai 99 meter. Sesuai namanya, New York Times Tower dibangun di New York pada 2007. Menyusul Emirates Tower One berpostur 355 meter dengan menara setinggi 113 meter dan dibangun pada 2000 di Dubai.

Selanjutnya, Burj Al Arab setinggi 321 meter dengan menara menjulang 124 m. Bangunan ini dibangun pada 1999.

 
Tinggal tersisa tiga gedung dengan struktur tambahan tertinggi, Bank of America Tower di New York setinggi 366 meter, Zifeng Tower di Nanjing (450 meter), dan Burj Khalifa di Dubai yang merupakan gedung paling jangkung saat ini, 828 meter.

Bank of America Tower yang dibangun pada 2009 memiliki menara dengan ketinggian 131 meter. Zifeng Tower (2010) berukuran 133 meter dan Burj Khalifa (2010) menempati posisi pertama dengan menara setinggi 244 meter.

 
Beberapa gedung, baik yang ada di dalam daftar tersebut maupun tidak, cukup menarik perhatian. Hotel Ukraina di Moskwa, Rusia, misalnya, memiliki menara berjumlah 42 persen dari keseluruhan tinggi gedung berukuran 206 meter.

Tidak hanya gedung "tersombong" yang digarisbawahi oleh CTBUH. Uni Emirat Arab, sebagai negara pemilik "gedung sombong" terbanyak di dunia juga mengoleksi gedung dengan menara terpendek. Index di Dubai setinggi 328 meter hanya memiliki menara setinggi empat meter.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com