Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Salah... Pintu Garasi Itu Investasi Rumah Anda!

Kompas.com - 06/09/2013, 10:40 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Meski tampak sederhana, umumnya pintu garasi menjadi bagian dari fasad rumah sebenarnya yang memegang peranan penting tampilan rumah Anda. Menggunakan bentuk dan material pintu garasi yang tepat merupakan investasi bagi Anda sendiri.

Untuk mewujudkannya, Anda bisa melakukan beberapa hal ini untuk mendapatkan pintu garasi terbaik bagi rumah Anda:

Material

www.freshome.com Pilih pintu garasi yang serasi dengan arsitektur rumah. Anda bisa membuat nuansa sama antara pintu utama rumah dengan pintu garasi. Memberikan warna, material, atau aksen serupa dapat memberikan konsistensi pada fasad rumah.
Pilih material yang cocok dengan iklim di area rumah Anda. Anda bisa memilih pintu besi, fiberglass, atau kayu.

Besi dan fiberglass relatif lebih kuat dan mampu bertahan selama bertahun-tahun. Namun, kedua bahan ini tidak cocok bagi Anda yang tinggal di dekat laut.

Besi rentan terhadap korosi, sehingga Anda memerlukan pelapis khusus atau bahkan material yang tahan terhadap udara laut. Sementara itu, kayu bisa tampak menarik dan memberikan kesan klasik.

www.freshome.com Pilih material yang cocok dengan iklim di area rumah Anda. Anda bisa memilih pintu besi, fiberglass, atau kayu.
Sayangnya, jika daerah rumah Anda rentan terhadap rayap, kayu dapat keropos dalam waktu singkat. Pilihlah fiberglass untuk solusi yang lebih kuat menahan udara panas dan dingin, serta lebih tahan terhadap retak ketimbang kayu.
 
Serasi

Pilih pintu garasi yang serasi dengan arsitektur rumah. Anda bisa membuat nuansa sama antara pintu utama rumah dengan pintu garasi. Memberikan warna, material, atau aksen serupa dapat memberikan konsistensi pada fasad rumah.

Keamanan

Selain tampilan, hal yang tidak kalah penting dari pintu garasi sebenarnya adalah standar keamanan. Berbeda dari pintu rumah Anda, pintu garasi yang berukuran lebih besar lebih berisiko memberikan celah pada keamanan rumah Anda.

Berbagai benda, bahkan benda-benda berukuran besar sekalipun dapat dengan mudah diangkut keluar rumah Anda lewat pintu garasi. Konsultasikan pada perusahaan pembuat pintu garasi mengenai jenis pintu yang tepat bagi rumah Anda. Pintu gulung, geser, lipat, atau kanopi yang cocok bagi rumah dan mampu menjamin keamanan rumah.
 

www.freshome.com Pilihlah pintu garasi yang sesuai dengan gaya hidup keluarga Anda. Selain keindahan dan keamanan, kecocokkan pilihan jenis pintu garasi dengan gaya hidup Anda juga penting.
Gaya hidup

Pilihlah pintu garasi yang sesuai dengan gaya hidup keluarga Anda. Selain keindahan dan keamanan, kecocokkan pilihan jenis pintu garasi dengan gaya hidup Anda juga penting. Meski Anda menyukai adanya kaca pada pintu garasi, namun Anda memiliki anak-anak kecil yang begitu aktif, sebaikya lupakan penggunaan kaca. Kaca rentan pecah karena bola dan berbagai mainan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com