Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Walkie Talkie", Pencakar Langit yang Bikin Jaguar Lumer

Kompas.com - 03/09/2013, 14:44 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

www.ctbuh.org Dijuluki
www.ctbuh.org Perkantoran ini telah mendapatkan komitmen dari perusahaan besar sebagai penyewanya. Salah satunya adalah Lloyd yang merupakan sindikasi Ascot London.
www.ctbuh.org Land Securities memulai pembangunan proyeknya ini pada 2011 dan dijadwalkan beroperasi pada 2014 mendatang. Saat ini, mereka tinggal merampungkan tahap akhir, karena konstruksi struktur sudah selesai.
LONDON, KOMPAS.com - Bagaimana bentuk fasad gedung "Walkie Talkie" yang baru saja menghebohkan warga dunia akibat "sanggup" melelehkan sebuah Jaguar?

Mari kita telisik lebih dalam apa dan bagaimana pencakar langit setinggi 37 lantai ini. Gedung jangkung ini dikembangkan oleh Land Securities Group Plc. Peruntukannya sebagai perkantoran, karena berada di distrik keuangan utama kota London, Inggris, yakni 20 Fenchurch Street.

Dijuluki "Walkie Talkie", karena fasadnya mirip dengan peralatan komunikasi yang menggunakan gelombang radio. Perkantoran ini telah mendapatkan komitmen dari perusahaan besar sebagai penyewanya. Salah satunya adalah Lloyd yang merupakan sindikasi Ascot London.

Land Securities memulai pembangunan proyeknya ini pada 2011 dan dijadwalkan beroperasi pada 2014 mendatang. Saat ini, mereka tinggal merampungkan tahap akhir, karena konstruksi struktur sudah selesai.

"Walkie Talkie" dirancang oleh biro arsitek Rafael Vinoly Architects. Mereka jugalah yang mendesain 432 Park Avenue dan 22 Thames Street di New York (Amerika Serika), Kavel 17 Amsterdam (Belanda), dan Samsung Jong Ro Tower di Seoul, Korea.

Ketinggian pencakar langit ini mencapai 160,1 meter, mencakup 37 lantai seluas 97.000 meter persegi. "Walkie Talkie" tertutup oleh material kaca yang menyelimuti seluruh bagian bangunan. Konsep bangunan ini green development. Selain terdapat sky garden, juga penggunaan konten ramah lingkungan seperti panel kaca (double glass) yang dapat memantulkan panas cahaya matahari sekaligus meminimalisasi konsumsi energi pada siang hari.

"Kami merancang 20 Fenchurch Street untuk menghormati karakter bersejarah kota, mengikuti kontur sungai dan jalan-jalan abad pertengahan yang mengikat situs, sambil terus memberikan kontribusi bagi evolusi jenis bangunan bertingkat tinggi," ujar CEO Land Securities, Rob Noel.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com