Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Tentang Pembangunan Millenium Hollywood

Kompas.com - 30/08/2013, 11:19 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber LA Times
LOS ANGELES, KOMPAS.com - Sekelompok warga Hollywood mengajukan gugatan kepada Dewan Kota Los Angeles, Kamis (29/8/2013), untuk menghentikan pembangunan dua pencakar langit bertajuk Millenium Hollywood. Mereka protes, lantaran proyek senilai 654 juta dollar AS atau setara dengan Rp 7,1 triliun itu akan dibangun di atas sesar gempa aktif.

Tak tanggung-tanggung, selain pengembang yakni Millennium Hollywood LLC, ikut tergugat lainnya adalah para pejabat yang menyetujui rencana pembangunan gedung hotel setinggi 35 dan apartemen 39 lantai tersebut.

Meski pengembang telah memenuhi sejumlah persyaratan dengan melakukan studi seismik untuk memastikan agar proyek apartemen di Los Angeles tersebut aman untuk dibangun, namun, kelompok itu akan melakukan investigasi geoteknik tambahan. Investigasi tambahan ini dilakukan untuk memastikan apakah betul pembangunan di atas situs sesar gempa tersebut aman.

Dalam sebuah konferensi pers, Robert Silverstein, pengacara yang mewakili kelompok-kelompok lingkungan, menuding Dewan Kota telah berkolaborasi dengan pengembang untuk menyembunyikan potensi gempa bumi dan masalah lalu lintas.

Ini merupakan gugatan kedua yang diajukan kepada pengembang dan Dewan Kota. Mereka meminta pengadilan untuk meninjau dampak lingkungan akibat pengembangan proyek yang nantinya bakal dikelola oleh W Hotel ini.

Membiarkan sebuah bangunan yang dirancang untuk pendudukan manusia di atas sesar aktif adalah kebodohan murni. Hal ini memungkinkan dua gedung pencakar langit yang mencakup hampir 500 unit dan sebuah hotel yang padat adalah tragedi yang memilukan.

Atas gugatan tersebut, Dewan Kota Los Angeles memberikan respon positif. Mereka telah memerintahkan pengujian lingkungan lebih lanjut kepada pengembang.

Juru Bicara Walikota Eric Garcetti, Jeff Millman mengatakan, kota Los Angeles tidak mengizinkan pembangunan gedung baru di atas patahan aktif.

Proyek Millennium Hollywood menempati lahan seluas 1,6 hektar dengan luas bangunan 1 juta kaki persegi. Di dalamnya mencakup hunian, hotel, perkantoran, restoran, klub kesehatan dan kebugaran, ruang ristel dan 2.000 ruang parkir baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber LA Times
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com