Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keunikan Spesial Menyambut 125 Tahun Jembatan Forth

Kompas.com - 30/08/2013, 10:17 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber Dailymail
KOMPAS.com — Forth Bridge atau Jembatan Forth berada di atas Firth of Forth di timur Skotlandia hingga ke timur Forth Road Bridge yang menghubungkan hingga 14 km dari pusat Edinburgh. Jembatan sepanjang 2.528,7 meter ini dibuka untuk umum pada 4 Maret 1890 silam.

Hingga saat ini, jembatan tersebut mengangkut lebih dari 200 kereta setiap hari antara Edinburgh dan Fife. Kini, menyambut hari jadinya ke-125, Network Rail, pemilik jembatan tersebut, berencana membuat pusat pengunjung dan ruang untuk melihat pemandangan di jembatan.

Rute khusus terebut juga akan disediakan bagi para pengunjung yang ingin "memanjat" jembatan ini. Para pengunjung akan dilengkapi dengan peralatan keamanan, terutama untuk mereka yang berminat "memanjat" hingga ke puncak menara selatan.

www.dailymail.co.uk Di menara ini, Network Rail berencana menambahkan sebuah jembatan berukuran kecil. Pihak pemilik jembatan juga merencanakan alternatif lain, terutama bagi mereka yang tidak tertarik pada olahraga ekstrem.
Di menara ini, Network Rail berencana menambahkan sebuah jembatan berukuran kecil. Pihak pemilik jembatan juga merencanakan alternatif lain, terutama bagi mereka yang tidak tertarik pada olahraga ekstrem.

Pengunjung yang enggan memanjat menara jembatan dapat menikmati pemandangan indah lewat ruang melihat pemandangan. Ruangan ini dapat dicapai dengan mengunakan elevator di sisi utara hingga ketinggian 100 meter. Ruang melihat pemandangan tersebut akan berada di bawah struktur besi masif di North Queensferry.

www.dailymail.co.uk Pengunjung yang enggan memanjat menara jembatan dapat menikmati pemandangan indah lewat ruang melihat pemandangan. Ruangan ini dapat dicapai dengan mengunakan elevator di sisi utara hingga ketinggian 100 meter. Ruang melihat pemandangan tersebut akan berada di bawah struktur besi masif di North Queensferry.
Anggaran yang mahal

Proposal yang diajukan untuk menambah fitur jembatan ini tidak main-main. Jumlahnya 12 juta poundsterling sampai 15 juta poundsterling atau Rp 200 miliar lebih. Menurut Network Rail, seperti dikutip Dailymail.co.uk, sebagian anggaran untuk pembangunan tersebut akan terkumpul dalam dua tahun mendatang.

"Setelah menghabiskan 10 tahun mengembalikan jembatan ini ke kondisi keemasannya bagi pengajuan dalam daftar warisan dunia, rencana ini akan dilakukan juga dengan menawarkan kesempatan kepada publik untuk mengunjungi jembatan dan melihatnya dari dekat untuk pertama kalinya," ujar David Simpson, Route Managing Director di dinas perkeretaapian.

Simpson tampaknya begitu antusias menanggapi rencana ini. Menurutnya, penambahan fasilitas pada jembatan mampu menambah jumlah wisatawan ke Skotlandia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com