Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bunga KPR AS Bergejolak

Kompas.com - 30/08/2013, 09:39 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Ketidakpastian program pembelian kembali obligasi Bank Sentral (Federal Reserve/The Fed)) menyebabkan tingkat suku bunga pinjaman perumahan (KPR) di Amerika Serikat mengalami gejolak.

Menurut laporan Freddie Mac, tingkat bunga pinjaman tetap dengan tenor 30 tahun menjadi 4,51 persen pekan ini per 29 Agustus 2013. Pekan sebelumnya mencapai rerata 4,58 persen. Sementara periode yang sama tahun lalu hanya 3,59 persen.

Sedangkan tingkat bunga tetap pinjaman untuk untuk jangka waktu 15 tahun mencapai rerata 3,54 persen. Walau turun 0,7 poin dari rerata 3,60 persen pekan lalu, masih lebih tinggi ketimbang periode yang sama tahun lalu yakni hanya sebesar 2,86 persen.

Fluktuasi bunga KPR di AS, sebenarnya, telah terjadi selama beberapa pekan. Kebijakan pembelian obligasi Bank Sentral ini juga berpengaruh besar terhadap pasar keuangan dan memicu spekulasi.

Kepala Ekonom Freddie Mac, Frank Nothaft, mengatakan, The Fed memantau pasar perumahan dalam beberapa bulan terakhir dengan suku bunga fluktuatif. Hal ini menstimulasi terjadinya penurunan tingkat penjualan rumah sebesar 13,4 persen Juli lalu.

Akibatnya, pasar keuangan mulai berspekulasi apakah The Fed akan menunda pengurangan pembelian obligasi dan imbal hasil obligasi jangka panjang diperbolehkan. Sementara di sisi lain tingkat pinjaman tetap menurun selama pekan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com