Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resor Mewah di Tanah "Tak Ramah" Korea Utara

Kompas.com - 26/08/2013, 17:29 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber Dailymail
KOMPAS.com -  Sayangnya, resor mewah bernama di Gunung Kumgang tersebut berada di dalam area teritorial Korea Utara, negara terkenal paling kaku dan "tidak ramah" pada wisatawan dari negara tetangganya; Korea Selatan.

Sebetulnya, resor ini pernah mengalami masa keemasan. Letaknya yang tak jauh dari Korea Selatan membuat resor mewah ini menjadi semacam simbol perdamaian antara Korea Selatan dan Utara. Sayangnya, setelah pelarangan wisata ke Korea Utara pada 2008 dan peristiwa penembakan turis Korea Selatan oleh tentara penjaga perbatasan Korea Utara, resor ini kehilangan pengunjung. Omzet tahunan yang mencapai 20 juta dolar AS terhenti begitu saja.

Pada masa kejayaannya, resor ini memiliki serangkaian penginapan kelas satu paling nyaman bagi para turis. Resor ini juga menawarkan olah raga bergengsi, yaitu golf. Para wisatawan juga bisa bersantai sembari menikmati keindahan pantai dan pegunungan.

www.dailymail.co.uk Setelah pelarangan wisata ke Korea Utara pada 2008 dan peristiwa penembakan turis Korea Selatan oleh tentara penjaga perbatasan Korea Utara, resor ini kehilangan pengunjung. Omzet tahunan yang mencapai 20 juta dolar AS terhenti begitu saja.
Namun, kebijakan terbaru pemerintah Korea Utara tampaknya akan mengubah peruntungan resor tersebut. Korea Utara mengumumkan bahwa pihaknya akan membuka resor ini kembali bagi pengunjung dari Korea Selatan. Dengan kelonggaran ini, para anggota keluarga yang terpisah akibat perang mampu bertemu kembali meskipun hanya sementara.

Sementara itu, seperti dikutip dalam www.dailymail.co.uk, pihak berwenang di Seoul menyatakan bahwa 100 orang dari kedua negara akan bertemu di resor Gunung Kumgang pada September mendatang. Juru bicara Kementerian Unifikasi Korea Selatan Kim Hyung-Suk mengatakan, keputusan ini bisa menjadi cikal-bakal adanya reuni keluarga rutin yang sempat terhenti pada 2010.

www.dailymail.co.uk Pada masa kejayaannya, resor ini memiliki serangkaian penginapan kelas satu paling nyaman bagi para turis. Resor ini juga menawarkan olah raga bergengsi, yaitu golf. Para wisatawan juga bisa bersantai sembari menikmati keindahan pantai dan pegunungan.
Selama 2000 hingga 2010, lebih dari 22.000 pertemuan berlangsung di resor ini, yaitu sebelum Korea Utara menyetop kegiatan tersebut. Area Wisata Gunung Kumgang merupakan area administratif istimewa di Korea Utara yang disahkan pada 2002 untuk menangani lalu lintas wisatawan Korea Selatan menuju Pegunungan Diamond.

Sayangnya, tragedi menewaskan Park Wang-ja (53) pada Juli 2008 membuat area ini menjadi "area panas". Korea Utara menyatakan, Park Wang-ja ditembak dua kali, dan tewas seketika ketika memasuki area militer Korea Utara. Sejak tragedi itulah, kegiatan wisata dari selatan ditutup.

www.dailymail.co.uk Kim Jong-Un, pemimpin Korea Utara, saat ini telah memutuskan untuk memperbolehkan adanya pertemuan keluarga antara penduduk Korea Utara dan Korea Selatan.
Kim Jong-Un, pemimpin Korea Utara, saat ini telah memutuskan untuk memperbolehkan adanya pertemuan keluarga antara penduduk Korea Utara dan Korea Selatan. Menurut Qz.com, negosiasi dua negara dimulai pada Jumat (23/8/2013) pekan lalu di pedesaan Panmunjom, perbatasan Korea Utara dan Korea Selatan.

Awalnya, Kim Jong-Un menginginkan negosiasi dilakukan di Gunung Kumgang. Namun, pihak Korea Selatan bersikeras agar negosiasi dilakukan di lokasi berbeda dengan lokasi berkumpulnya warga Korea Utara dan Korea Selatan.

www.dailymail.co.uk Kim Jong-Un, pemimpin Korea Utara, saat ini telah memutuskan untuk memperbolehkan adanya pertemuan keluarga antara penduduk Korea Utara dan Korea Selatan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com