Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lampu Cantik Terinspirasi Sepatu Kulit....

Kompas.com - 23/08/2013, 10:56 WIB
Tabita Diela,
M Latief

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ya, detil lampu tersebut dibuat dengan menggunakan laser, sementara jahitan pada lampu itu menegaskan inspirasi awal lampu gantung tersebut, yaitu teknik pembuatan sepatu tradisional Inggris. Bentuknya tampak apik dengan adanya "bolongan" berbentuk lingkaran berukuran kecil berpola yang menyerupai renda di permukaan tudung lampu.

Namun, keindahan lampu ini justeru semakin tampak ketika lampunya dinyalakan. Cahaya lampu dapat menyelinap melewati bolongan-bolongan mungil pada permukaan tudung lampu (lampshade) dan menampilkan pola.

Uniknya, pola bolongan-bolongan tersebut sama persis dengan pola yang digunakan oleh pembuat sepatu tradisional Inggris. Bolongan-bolongan tersebut sebenarnya bisa ditemukan pada sepatu Brogue.

Pada permukaan sepatu, lubang-lubang tersebut berfungsi sebagai saluran untuk mengeluarkan air dari sepatu. Kini, lubang-lubang tersebut digunakan untuk menciptakan pola cantik dari cahaya.

"Saya sangat tertarik oleh sejarah broguing dan akarnya yang ada pada kebudayaan Inggris," ujar Daniel Schofield kepada Dezeen.

"Detilnya sangat cantik dan proses pembuatannya menangkap imajinasi saja," tambahnya.

Berbeda dari pengrajin sepatu tradisional, Schofield menggunakan piranti lunak vektor dan perangkat keras canggih untuk mendesain dan membuat Brogue Light. Secara khusus, dia menggunakan corak yang ada pada sepatu-sepatu khas Inggris dan mengadaptasinya pada dimensi lampu.

Sedemikian rupa, Schofield membuat desain tersebut cocok pada dimensi lampu dan mampu dikerjakan menggunakan pemotong laser. Ia juga memanfaatkan rangka plat kuningan CNC dalam proses pembuatan lampu ini.
 

Untuk menambah kemiripan antara lampu ini dan sepatu-sepatu kulit nan elegan, Schofield juga menambahkan pola jahitan menonjol pada setiap tudung lampu gantung tersebut. Lampu gantung ini tersedia dalam satu ukuran, 445mm (diameter) x 235mm (tinggi).
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com