Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baking Soda Membersihkan Paling Bersih!

Kompas.com - 15/08/2013, 09:45 WIB
Tabita Diela,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Houzz
KOMPAS.com - Jangan buru-buru menghabiskan banyak uang untuk membeli pembersih interior rumah. Jangan-jangan, sebenarnya Anda sudah memiliki berbagai bahan pembersih alami. Hanya, tidak Anda sadari.

Pembersih alami seperti cuka dan baking soda, selain lebih murah, ternyata relatif lebih aman ketimbang bahan-bahan kimia.

Berikut ini cara penggunaan baking soda untuk berbagai kebutuhan di dalam rumah:

 
Kamar tidur dan ruang tamu
 
Baking soda dapat menyelesaikan masalah Anda seputar bau tidak sedap di dalam kamar tidur dan di ruang tamu Anda. Sebelum membersihkan karpet dengan menggunakan pembersih vakum, taburkan baking soda ke atas permukaannya dan biarkan selama 15 menit. Lakukan hal ini untuk menghilangkan bau tidak sedap pada karpet. Baking soda juga bisa meminimalisasi kemungkinan adanya bau tidak sedap di lemari. Caranya, tempatkan baking soda dalam mangkuk terbuka di lemari tersebut.
 
Gunakan juga baking soda untuk membersihkan mainan anak-anak. Cuci mainan yang terbuat dari plastik dengan memanfaatkan larutan seperempat cangkir baking soda dan empat cangkir air hangat. Selain itu, Anda juga bisa menghilangkan bau tidak sedap boneka kapuk anak Anda dengan bantuan baking soda. Caranya, taburkan baking soda pada boneka-boneka tersebut, biarkan 15 menit, lalu bersihkan dengan vakum.
 
Dapur
 
Jika baking soda dapat berujar, mungkin dia akan menyatakan bahwa "rumahnya" adalah di dapur. Namun, ternyata baking soda juga memiliki banyak kegunaan di lokasi tersebut selain untuk memasak. Campuran dasar baking soda (seperempat cangkir baking soda dan empat cangkir air hangat) dapat membersihkan permukaan dapur Anda. Gunakan spons untuk  membersihkan permukaan dapur. 
 
Sama seperti di kamar tidur, baking soda juga dapat menghilangkan bau tidak sedap di lemari dapur dengan menempatkan satu wadah terbuka baking soda di dalamnya. Untuk bau tidak sedap dalam kantung sampah, Anda hanya perlu menaburkan baking soda ke dalam kantung sampah. Bila perlu, secara berkala bersihkan tempat sampah Anda dengan merendam isinya dengan menggunakan satu cangkir baking soda dan satu galon air.
 
Perlengkapan makan dari perak pun dapat kembali bersinar. Buat pasta dengan menggunakan tiga bagian baking soda dan satu bagian air. Kemudian, seka pasta tersebut pada permukaan perlengkapan makan.
 
Untuk berbagai noda membandel di permukaan plastik, rendam permukaan tersebut selama 15 menit pada empat bagian baking soda dan satu bagian air hangat. Setelah lima belas menit,  gosok, kemudian keringkan. Baking soda juga bisa menghilangkan sisa-sisa adonan pada loyang yang telah digunakan memanggang kue. Anda hanya perlu menaburkan baking soda ke permukaan loyang, berikan air hangat, sabun cuci. Biarkan loyang tersebut terendam selama 15 menit, kemudian cuci bersih.
 
Kamar mandi
 
Bersihkan lantai kamar mandi Anda dengan satu ember air hangat dan setengah cangkir baking soda. Gunakan juga campuran dasar baking soda untuk membersihkan berbagai permukaan kamar mandi. Untuk noda-noda karat, Anda juga memerlukan cuka. Campurkan satu cangkir cuka dan setengah canggkir baking soda. Gosok dan bersihkan. Anda bisa lihat sendiri hasilnya.
 
Bagaimana dengan perlengkapan kecantikan seperti sisir? Ternyata baking soda juga bisa membersihkannya untuk Anda. Cobalah melakukan hal berikut ini setiap satu bulan sekali. Rendam sisir dalam air hangat dan satu sendok makan baking soda. Setelah itu bersihkan dan keringkan. Hasilnya, tampilan sisir kembali cemerlang.
 
Eksterior rumah
Anda bahkan juga bisa membersihkan seluruh eksterior rumah. Gunakan baking soda dan spons basah untuk membersihkan furnitur di teras. Manfaatkan pula campuran dasar baking soda untuk perlengkapan kolam renang yang rentan terkena jamur. Selain itu, bersihkan noda minyak dan gemuk di garasi dengan menaburkan baking soda langsung ke permukaannya. Sikat dengan sikat basah, kemudian bilas. Rumah Anda akan bersinar kembali. Selamat mencoba!
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Houzz
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com