Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Tiga Generasi, Hemat Lahan dan Energi!

Kompas.com - 13/08/2013, 17:55 WIB
Tabita Diela

Penulis

www.dezeen.com Bagaimana pun karakter penghuninya, rumah tersebut merupakan solusi atas masalah yang timbul akibat iklim tropis. Sama seperti iklim yang ada di Indonesia, rumah ini dapat mereduksi sengatan sinar matahari di luar ruangan dan mengurangi penggunaan pendingin udara.
www.designboom.com Para arsitek menggunakan teknologi
www.designboom.com Kembali mengenai dua karakter penghuni rumah, rumah ini juga memiliki dua karakter. Karakter pertama yang lebih modern terdiri atas tiga volume mengapung. Ruang-ruang tersebut dibalut dengan blok beton seperti papan catur.
www.designboom.com Penggunaan
HO CHI MINH, KOMPAS.com - Rumah bernama Binh Thanh ini berada di pusat Kota Ho Chi Minh, Vietnam. Secara khusus, rumah ini didesain untuk menampung dua keluarga yang terdiri atas sepasang suami-isteri berusia 60-an, anak mereka, menantu, dan seorang anak kecil. Tidak salah, jika Binh Thanh disebut sebagai "rumah tiga generasi".

Rumah berukuran 516 meter persegi di atas tanah seluas 140 meter persegi ini diselesaikan pada Juni 2013 lalu. Firma arsitektur Vo Trong Nghia dan firma arsitektur Sanuki + Nishizawa merancang rumah ini tampak seperti tumpukan lima volume. Namun, pengaturan tersebut  memberikan privasi bagi dua keluarga yang tinggal di dalamnya, serta memberikan keunikan di antara townhouse lain di sekitarnya.

Rumah ini memiliki karakter ganda. Salah satu bagian rumah menghadap jalanan yang bising dan berdebu. Sementara itu, sisi lainnya justru dekat dengan kanal dan Kebun Binatang Saigon yang penuh dengan pepohonan. Sama seperti arah hadap rumah ini, konsep rumah juga diharapkan mampu menampung dua gaya hidup yang jauh berbeda.

Bagaimana pun karakter penghuninya, rumah tersebut merupakan solusi atas masalah yang timbul akibat iklim tropis. Sama seperti iklim yang ada di Indonesia, rumah ini dapat mereduksi   sengatan sinar matahari di luar ruangan dan mengurangi penggunaan pendingin udara.

Para arsitek menggunakan teknologi "kulit ganda" untuk menghalau sekaligus memanfaatkan banyaknya sinar matahari sebagai sumber utama pencahayaan di siang hari. Sementara itu, ventilasi, air mengalir, dan tanaman hijau yang disediakan di sekitar rumah ini membawa kesejukan dalam rumah.

Kembali mengenai dua karakter penghuni rumah, rumah ini juga memiliki dua karakter. Karakter pertama yang lebih modern terdiri atas tiga volume mengapung. Ruang-ruang tersebut dibalut dengan blok beton seperti papan catur. Inilah "kulit kedua" rumah tersebut, tampak seperti tirai beton. Penggunaan "tirai beton" tersebut memungkinkannya terbuka tanpa mengorbankan privasi pemiliknya. Pemilik rumah dapat menikmati hembusan angin, paparan sinar matahari, pemandangan dari tanaman hijau tanpa merasa risih.

Di antara volume mengambang tersebut, terdapat kamar tidur dan ruang-ruang lain. Dengan lokasinya tersebut, pemilik rumah bisa merasa aman dan terjaga privasinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com