Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pecahkan Kebekuan Ruangan dengan Mural

Kompas.com - 06/08/2013, 10:12 WIB
Tabita Diela

Penulis

besthomedesigns.org Salah satu cara menghias dinding adalah dengan melukisnya atau mural.
IST Teknik melukis dinding bisa memadukan beberapa warna cat dinding atau stensil.
KOMPAS.com - Kesan pada dinding di dalam ruangan bergaya desain modern minimalis, adalah kaku dan beku. Ini bisa dihilangkan dengan menghiasnya. Mulai dari menggantung berbagai karya seni, hingga membuat lukisan di permukaan dinding. Jika tertarik memberikan mural atau lukisan, berikut ini beberapa ide yang bisa Anda lakukan.

Lukisan Berkelanjutan

Jika merasa mampu membuat lukisan permanen langsung di permukaan dinding rumah, Anda bisa segera melakukannya. Namun, jika tidak terlalu yakin, Anda tentu dapat menghubungi profesional. Siapa pun yang Anda percaya untuk menghias dinding rumah, Anda bisa memintanya membuat lukisan berkelanjutan.

Salah satu contoh membuat "lukisan berkelanjutan" adalah membuat pemandangan kota di keempat sisi dinding ruangan. Anda juga bisa membuat corak dengan ukuran cukup besar yang terus bersambung dari satu dinding ke dinding lainnya.

Selain membuat "lukisan berkelanjutan" di keempat sisi dinding, ada satu lagi ragam unik. Anda bisa juga melanjutkan lukisan tersebut ke plafon. Cobalah membuat lukisan abstrak bertema floral dengan menggunakan warna-warna teduh seperti putih, biru, dan krem. Biarkan lukisan tersebut tidak hanya menutupi dinding namun juga plafon.

Memanfaatkan wallpaper

Melukis langsung pada permukaan dinding pada kenyataannya tidak membuat semua penghuni rumah merasa nyaman. Alih-alih mengecat, ada berapa orang yang memilih menggunakan wallpaper. Jika Anda satu dari orang-orang semacam ini, wallpaper bisa dimanfaatkan dengan gambar menyerupai lukisan. Pilihlah wallpaper yang tidak menampilkan pola berulang, namun lebih berbentuk lukisan.

Selain itu, ada pula cara lain yang lebih sederhana. Cara ini bisa diaplikasikan di kamar anak atau bahkan kamar Anda. Anda hanya perlu mengecat dasar dinding dengan warna yang diinginkan, misalnya biru, hijau, kuning, atau merah muda. Kemudian, berikan stiker khusus dinding yang sesuai dengan warna dasar ruangan tersebut. Misalnya, stiker bernuansa hewan laut untuk dinding berwarna biru, atau tanaman dan bunga-bungaan bagi dinding berwarna hijau. Untuk kamar Anda, gunakan warna yang lebih sederhana dan netral seperti abu-abu, krem, atau putih. Kemudian, hias dengan stiker yang terkesan "lebih serius" yaitu siluet dari berbagai benda.

Mural sederhana

Terakhir, Anda juga bisa membuat ragam "lukisan dinding" sederhana. Misalnya, dengan memadukan beberapa warna cat dinding hingga membentuk "ombre" atau memanfaatkan teknik stensil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com