Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih... Sarang Bakteri di Dapur Anda!

Kompas.com - 31/07/2013, 04:03 WIB
KOMPAS.com - Menurut, dr Nurrahmiati, MKM, pakar kesehatan masyarakat dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ancaman penyakit tersebut mulai dari infeksi pernafasan, infeksi kulit, hingga gangguan fungsi hati dan kanker akibat kontaminasi zat kimia.

Oleh karena itu, Anda perlu mengenali empat tempat favorit sumber bakteri di dapur berikut ini, dan lakukan pencegahan penyebarannya:

Kulkas

Banyaknya makanan di kulkas memicu hadirnya bakteri di dalam kulkas. Oleh karena itu, atur dan kontrol suhu kulkas agar selalu berada pada kisaran 40 C. Suhu dingin akan memperlambat pertumbuhan bakteri.

www.shutterstock.com Hindari menggunakan pisau dan talenan yang sama saat mengolah produk hewani mentah dan makanan matang atau produk segar lainnya. Bakteri dari bahan mentah dapat mencemari makanan matang dan segar Anda.
Pisau dan talenan 

Hindari menggunakan pisau dan talenan yang sama saat mengolah produk hewani mentah dan makanan matang atau produk segar lainnya. Bakteri dari bahan mentah dapat mencemari makanan matang dan segar Anda.

www.shutterstock.com Hindari merendam sabut spons di dalam wadah sabun pencuci piring. Kondisi spons yang basah akan menyuburkan bakteri dari sisa makanan yang masih menempel. Oleh karena itu, sebaiknya selalu bersihkan spons setelah selesai mencuci piring, dan keringkan segera sebelum bakteri sempat tumbuh.
Spons cuci piring

Hindari merendam sabut spons di dalam wadah sabun pencuci piring. Kondisi spons yang basah akan menyuburkan bakteri dari sisa makanan yang masih menempel. Oleh karena itu, sebaiknya selalu bersihkan spons setelah selesai mencuci piring, dan keringkan segera sebelum bakteri sempat tumbuh.

www.houzz.com Menurut, dr Nurrahmiati, MKM, pakar kesehatan masyarakat dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ancaman penyakit tersebut mulai dari infeksi pernafasan, infeksi kulit, hingga gangguan fungsi hati dan kanker akibat kontaminasi zat kimia.
Bak Cuci

Seringkali sisa-sisa makanan saat mencuci piring terjebak di bak cuci dan dengan cepat memicu bakteri berkembang biak di seluruh permukaan bak cuci. Oleh karena itu, untuk menjaga kebersihan tempat mencuci piring, bersihkan seluruh permukaan dan saluran bak cuci dengan cairan pemutih dan air secara rutin. (Rivanie Novalia) 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com