Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lupa, Bersihkan Kulkas Sebelum Mudik!

Kompas.com - 31/07/2013, 03:56 WIB
KOMPAS.comLemari es memiliki peran penting di rumah. Pasalnya, di sinilah berbagai bahan makanan disimpan. Tak heran, benda ini membutuhkan perhatian lebih saat akan ditinggalkan dalam waktu lama.

Saat mudik di hari raya ini, misalnya. Untuk menghindari bau tak sedap dan tumbuhnya jamur, lemari es perlu dibersihkan, paling tidak sehari sebelum Anda dan keluarga pergi.

Namun, tak seperti kegiatan membersihkan perabot biasa, ada beberapa langkah ekstra perlu dilakukan. Agar lebih jelas, simak beberapa langkahnya di bawah ini:

-Kosongkan lemari es. Keluarkan bahan-bahan makanan yang mungkin membusuk dan berbau tajam, seperti sayuran, buah-buahan, ikan, dan daging.

www.shutterstock.com Untuk mencegah bau tak sedap, siapkan wadah berisi baking soda atau bubuk vanili. Letakkan wadah di bagian dalam lemari es.

- Jika lemari es Anda belum memiliki teknologi no frost yang dapat mencegah timbulnya bunga es, bersihkan freezer dari bunga es.

- Setelah lemari es dalam keadaan kosong, matikan aliran listriknya.

- Selanjutnya, bersihkan setiap permukaannya, bagian dalam dan luar. Pastikan setiap permukaannya dalam keadaan kering.

- Untuk mencegah bau tak sedap, siapkan wadah berisi baking soda atau bubuk vanili. Letakkan wadah di bagian dalam lemari es.

- Biarkan pintu lemari es sedikit terbuka, selama ditinggalkan, sehingga terjadi sirkulasi udara yang baik. Cara ini juga salah satu usaha menghindarkan lemari es Anda dari bau tak sedap.

Selamat bekerja!

(Anissa Q. Aini)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber IDEA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com