Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Properti Reklamasi Lebih Mahal

Kompas.com - 29/07/2013, 15:01 WIB
Hilda B Alexander

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -
Bukan tanpa alasan jika para pengembang tertarik membangun properti dengan mereklamasi kawasan pantai utara Jakarta. Selain dapat menekan ongkos pembebasan lahan (penggusuran permukiman penduduk) sebagaimana mengembangkan lahan daratan, potensi keuntungan yang didapat juga berlipat.

Menurut Vice President Director and Chief Operating Officer Jakarta PT Intiland Development Tbk, Suhendro Prabowo, potensi mendapat keuntungan berlipat dari menjual properti di lahan reklamasi, lebih besar ketimbang lahan daratan. Kini, pihaknya tengah menggarap Regatta The Icon di Pantai Mutiara, Jakarta Utara.

"Sekarang, harga jual unit-unit apartemen Regatta The Icon sudah mencapai angka Rp 35 juta per meter persegi. Tipe terkecil 60 meter persegi. Untuk kavling kanal (kavling di atas lahan reklamasi) berada pada kisaran Rp 35 juta sampai Rp 40 juta per meter persegi. Harga ini lebih tinggi ketimbang kavling darat yang dipasarkan senilai Rp 15 juta sampai Rp 20 juta per meter persegi," ungkap Suhendro kepada Kompas.com, di Jakarta, Senin (29/7/2013).

Dari total 390 unit apartemen dalam empat menara pengembangan tahap I, tinggal tersisa 5 persen. Menyusul kinerja penjualan ini, Intiland akan mulai mengerjakan pengembangan tahap II yang diawali tower ke V pada kuartal I 2014.

Bandingkan dengan harga apartemen 1 Park Avenue di Gandaria, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Untuk unit seluas 137 meter persegi (dua kamar tidur), konsumen hanya harus merogoh kocek sebesar Rp 3,4 miliar. Ini berarti per meter persegi hanya senilai Rp 24 juta.

Sementara PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk berkolaborasi dengan PT Jaya Real Property Tbk membesut Jaya Ancol Seafront. Ini merupakan proyek perumahan eksklusif berkonsep resor dengan jumlah terbatas, yakni hanya 90 unit. Harga jual rumah dengan fitur andalan pantai Ancol ini serentang Rp 5 miliar untuk ukuran 8 x 18 meter dan Rp 6,4 miliar untuk ukuran 9 x 25 meter.

Sebaliknya, dengan harga lebih rendah, sekitar Rp 4 miliar, konsumen bisa mendapatkan rumah dengan ukuran lebih luas 225 meter persegi di klaster Ritzone, The Icon, BSD City yang dikembangkan Sinarmas Land.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com