Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

95 Persen Pembeli Properti Florida Berasal dari Venezuela

Kompas.com - 27/07/2013, 11:04 WIB
Hilda B Alexander

Penulis


worldpropertychannel.com Pengembang Amerika Serikat mengerti kebutuhan warga Venezuela, mengembangkan rumah lengkap dengan atribut-atribut yang populer di negaranya.

worldpropertychannel.com Venezuela sendiri, termasuk imigran generasi pertamanya memainkan peran besar dalam ekspansi usaha para pengembang properti Amerika Serikat.

KOMPAS.com —
Gelombang pembeli properti asal Amerika Latin di Amerika Serikat, terus berlanjut. Paling ekstrem terjadi di proyek-proyek properti yang dikembangkan di negara bagian terpadat populasinya, Florida.

Satu di antara proyek properti yang "diserbu" pembeli Amerika Latin adalah Oasis Park Square di kawasan Doral. Harganya berkisar antara 1 juta dollar AS (Rp 10,2 miliar) hingga 1,5 juta dollar AS (Rp 15,3 miliar). Jumlah rumah yang ditawarkan, 150 unit. Yang mengejutkan, 95 persen pembeli tersebut berasal dari Venezuela. Padahal konstruksi rumah diperkirakan tidak akan selesai sampai akhir tahun ini.

Fakta tersebut, sejatinya, tidak mengherankan. Florida, utamanya Miami, adalah "rumah" terbesar bagi warga Amerika Latin. Namun, 95 persen tetap merupakan angka fantastis. Dan pembeli asal Venezuela ini berprofil orang kaya dengan status sosial tak diragukan. Ceruk pembeli seperti ini di Venezuela terus bertumbuh.

"Kami telah memasang iklan dalam berbagai publikasi yang bisa diakses oleh kalangan elite Venezuela. Mereka menyambut dengan antusias," ujar CEO Shoma Group, pengembang Oasis Park Square, Masoud Shojaee.

Lokasi Oasis Park Square dekat dengan Donald Trump Doral Golf Resort and Spa. Perumahan elite ini dilengkapi dengan beberapa atribut populer di negaranya seperti teras terbuka di atap bangunan dan desain yang sarat bukaan.

Doral adalah salah satu daerah yang paling cepat perkembangannya. Terdapat 8.000 unit rumah masuk dalam pipeline yang akan dibangun selama beberapa tahun ke depan. Venezuela sendiri, termasuk imigran generasi pertamanya memainkan peran besar dalam ekspansi usaha para pengembang properti Amerika Serikat.

"Mereka datang ke Doral selama beberapa bulan pada suatu waktu untuk mengunjungi teman-teman, keluarga, dan liburan. Pembeli Venezuela lainnya adalah keluarga yang tinggal dan bekerja di Doral," ujar Shojee.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com