Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semarak Warna-Warni Bernuansa Maroko

Kompas.com - 24/07/2013, 14:09 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Meski bukan hal utama, namun perayaan Idul Fitri di Indonesia identik dengan acara berkumpul keluarga dan kerabat. Berbagai hidangan khas dan dekorasi berbentuk ketupat umumnya menghiasi pojok-pojok ruangan.

Untuk menyemarakkan perayaan Idul Fitri tahun ini, Anda bisa membuat dekorasi yang sedikit berbeda. Alih-alih memenuhi ruangan dengan nuansa putih dan hijau, cobalah dekorasi yang terinspirasi dari dekorasi Maroko, serta mengadopsi corak-corak geometris dan flora cantik berikut ini.

www.decor-tips.com Agar tetap terasa
Anda bisa memulainya dengan dekorasi meja makan bernuansa Maroko, yaitu memberanikan diri memilih berbagai warna mencolok. Warna-warna tersebut dapat Anda tempatkan pada taplak meja, peralatan makan, hingga ornamen dekor. Anda juga bisa menambahkan ornamen manik-manik pada taplak, serbet, atau tatakan gelas dan piring Anda.

Pertama-tama, pilihlah tema warna yang Anda inginkan. Anda bisa tetap menyertakan nuansa hijau pada meja makan dan ruang makan Anda. Agar tetap terasa "meriah", padukan nuansa warna hijau dengan biru, oranye, atau bahkan emas. Sementara itu, Anda juga bisa memilih warna-warna yang jauh lebih mencolok, seperti oranye, merah muda, emas, dan sedikit "diredam" dengan nuansa putih.

Setelah memilih tema warna, mulailah mencari bahan-bahan yang terkait dengan kegiatan menyantap makanan Anda. Padukan warna dan corak taplak meja, serbet, atau bahkan karpet di bawah meja makan Anda.

www.decor-tips.com Untuk menambah nuansa tema
Langkah ketiga, kini tiba waktunya mencari perlengkapan makan yang tepat. Sama seperti taplak meja dan serbet, Anda bisa memilih piring, mangkuk, dan gelas bercorak warna-warni atau emas.

Anda juga dapat memilih peralatan porselen tidak bercorak atau piring kaleng berwarna metalik atau emas. Apa pun pilihan Anda, jangan lupa memadukannya dengan peralatan makan lain seperti alat makan (sendok dan garpu), juga gelasnya yang memiliki fitur dan warna menarik.

Langkah keempat, sertakan juga dekorasi seperti vas-vas dan gelas beraneka warna. Untuk menambah nuansa tema "1001 Malam", Anda bisa memajang lampion khas Maroko. Gunakan lampion-lampion bergaya Maroko, atau buatlah sendiri dengan menggunakan mason jar dan cat khusus dekor kaca berwarna emas.

www.decor-tips.com Anda bisa memajang lampion khas Maroko. Gunakan lampion-lampion bergaya Maroko, atau buatlah sendiri dengan menggunakan mason jar dan cat khusus dekor kaca berwarna emas.
Terakhir, pastikan keluarga dan kerabat Anda menyantap makanan dengan nyaman. Berikan bantal bercorak senada dengan taplak meja pada masing-masing kursi.

(Sumber: www.decor-tips.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com