Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Google Bikin Jelajah Virtual ke Menara-menara Tertinggi Dunia....

Kompas.com - 19/07/2013, 13:19 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber CTBUH

KOMPAS.com- Beberapa minggu setelah
Google membuat "tur virtual" ke puncak pencakar langit tertinggi di dunia, Burj Khalifa Dubai, raksasa internet ini kembali melakukan hal serupa ke Menara Eiffel Paris. Kini, para pengguna aplikasi Google Street View dapat "menjelajah" Menara Eiffel dan menikmati pemandangan kota Paris tanpa harus ke lokasi.

Street View Program Manager Google, Pascal Malite, mengatakan, pihaknya tidak hanya mengunggah sejumlah citra panorama yang dikumpulkan dari tiga platform Menara Eiffel.   Perusahaan juga membuat pameran secara online yang menampilkan gambar, rencana, ukiran dan foto-foto terperinci mengenai cerita pembangunan Menara Eiffel serta dampak sosialnya di abad ke-19.

"Untuk menghasilkan gambar yang bagus, tim Street View mengikuti jejak dari tujuh juta pengunjung tahunan yang berkunjung ke menara ini. Kami menggunakan Street View Trolley  yang dirancang khusus untuk monumen dan museum guna memfilmkan pemandangan 360 derajat dari monumen dan pemandangan di atas kota Paris," ujar Mark Yoshitake dari Google Cultural Institute.

Yoshitake mengatakan sangat menakjubkan melihat visi spektakuler dan kemampuan arsitek menghasilkan karya arsitektur lebih dari seratus tahun lalu ini. Untuk itu, diperlukan pengetahuan yang luar biasa, dan perencanaan khusus untuk memastikan bahwa 18.000 potongan terpisah ini bisa menyatu membentuk sebuah menara yang mengagumkan.

Google menyatakan pengguna aplikasinya dapat melihat lebih jauh struktur-struktur tertinggi di dunia lainnya bermunculan di Street View.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CTBUH
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com