Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTN Danai 9 Proyek Komersial Duta Putra Land

Kompas.com - 17/07/2013, 19:28 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (BTN) semakin agresif melakukan ekspansi di sektor kredit properti komersial. Salah satu aksi ekspansi tersebut adalah dengan mendanai sembilan proyek properti yang dikembangkan Duta Putra Land.

Untuk sembilan proyek yang berlokasi di Jadebotabek tersebut, BTN mengalokasikan dana sejumlah Rp 1 triliun. Dana sebesar itu terbagi atas kredit pembiayaan KPR dengan komposisi sebanyak 50 persen dan separuhnya lagi untuk kredit konstruksi.

Kepala Divisi Kredit BTN, Budi Hartono  mengatakan suku bunga KPR yang dipatok untuk kerjasama ini adalah sebesar 9 persen.

"Suku bunga khusus tersebut berlaku selama dua tahun pertama untuk selanjutnya mengikuti dinamika pasar," ujar Budi  kepada Kompas.com, di Jakarta, Rabu (17/7/2013) sebelum  penandatanganan MoU antara BTN dan Duta Putra Land.

Tahun ini portofolio kredit BTN mencapai Rp 28 triliun. Porsi terbesar, sekitar 85 persen masih ditujukan untuk kredit properti: di antaranya KPR, KPA, Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), kredit konstruksi, renovasi dan lain sebagainya. Sementara 15 persen sisanya  merupakan kredit non properti.

Sejak awal tahun hingga Mei 2013, kredit properti yang telah disalurkan sebesar Rp 15 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com