Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung IBM Disulap Jadi Hotel Mewah

Kompas.com - 16/07/2013, 19:09 WIB
Hilda B Alexander

Penulis


arcchicago.blogspot.co.uk Nama baru gedung IBM ini adalah The Langham Hotel. Mereka akan menjadikan hotel di Chicago ini sebagai markas baru secara global.

arcchicago.blogspot.co.uk Hotel ultramewah pertama milik Langham adalah Langham Hilton di London Portland Plaza. Putri Diana dan Pangeran Charles pernah bermalam di sini.

arcchicago.blogspot.co.uk Ukuran kamar terkecil yang ditawarkan sekitar 46,4 meter persegi.

arcchicago.blogspot.co.uk Material kaca mendominasi hotel ini, termasuk pada dinding, pintu lobi, dan pintu alternatif.

KOMPAS.com —
Gedung IBM di Chicago, Amerika Serikat, secara resmi berubah fungsi menjadi hotel mewah dari sebelumnya perkantoran paling modern. Peristiwa bersejarah ini berlangsung pada Rabu, pekan lalu, menyusul pembukaan The Langham Chicago di gedung setinggi 52 lantai tersebut.

IBM membangun properti bersejarahnya ini pada empat dekade silam, 1972. Ini merupakan persembahan pencakar langit pertama dari perusahaan komputer tersebut untuk Amerika Serikat sebelum fungsinya berubah pada 2006 menjadi hunian berupa kondominium.

Dua tahun setelah perubahan itu, gedung IBM ini kemudian beralih fungsi lagi menjadi hotel. Namun, karena beberapa insiden yang terjadi bersamaan dengan konversi fungsi pada 2008 tersebut, pengembangnya memutuskan untuk mengubah keseluruhan gedung menjadi fasilitas akomodasi. Pekerjaan konstruksi sempat dihentikan pada 2010 ketika Langham Hotel mengakuisisi gedung ini.

Langham akan menjadikan hotel di Chicago ini sebagai markas baru dari jaringan global mereka pasca-pengoperasian Langham Hilton di London Portland Plaza. Properti Langham di London Portland Plaza ini merupakan hotel pertama ultramewah. Dibangun pada tahun 1866 dengan nilai 300.000 poundsterling (Rp 4,5 miliar). Kalangan elite Inggris pernah bermalam di hotel ini yakni Pangeran Wales, Mark Twain, dan Putri Diana.

Adapun The Langham Chicago terdiri atas 316 kamar dengan ukuran paling kecil 46,4 meter persegi dan beberapa fasilitas untuk kegiatan seminar, pernikahan, dan lain sebagainya. Desain interiornya modern cenderung eklektik. Material kaca mendominasi keseluruhan bangunan, termasuk dinding dan akses utama bagi para tamu serta akses alternatif ke bagian lobi.

Sementara dekorasi lobinya dipilih patung-patung dan lukisan dengan posisi sejajar yakni Jaime Plensa di kiri dan lukisan besar karya Enoc Perez di sebelah kanan. Karya pematung Taiwan, Ju Ming, akan menjadi karya seni pertama yang ditempatkan secara permanen di bagian selatan gedung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com