Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dengan Trik Ini, Bekerja di Rumah Tak Bikin Lelah....

Kompas.com - 15/07/2013, 17:03 WIB
Tabita Diela,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Houzz

KOMPAS.com -
Menurut penelitian Rensselaer Polytechnic Institute di New York, Amerika Serikat, bekerja di rumah dapat jauh lebih melelahkan daripada di kantor. Perpaduan antara masalah keluarga dan pekerjaan membuat urusan profesional menjadi lebih berat. Terlebih, dengan meningkatnya harga-harga kebutuhan sehari-hari.

Kurangi "tekanan" bekerja di rumah dengan melakukan beberapa trik hemat dalam mendekor dan mengatur kantor di rumah Anda.

1. Buatlah prioritas

Pertama, mulailah tanyakan kebutuhan pada diri sendiri. Dengan cara ini, Anda dapat mengurangi anggaran untuk barang-barang yang belum tentu dibutuhkan. Sebagai contoh, Anda mungkin dapat menyingkirkan kursi kantor berteknologi tinggi dalam anggaran dan menggunakan kursi standar.

Selain kebutuhan dasar dalam bekerja, perhatikan pula siapa pengguna ruang tersebut, berapa lama Anda menghabiskan waktu di sana, dan terakhir, berapa besar anggaran. Memperhatikan poin-poin tersebut akan mempengaruhi proses pengambilan keputusan soal pengaturan ruang dan pembelian keperluan.

2. Bersihkan ruangan, kurangi barang menumpuk

Trik kedua, pastikan Anda mengeluarkan biaya hanya untuk barang-barang yang memang dibutuhkan. Bersihkan ruangan kerja terlebih dahulu, hindari menumpuk kertas-kertas agar Anda tahu persis isi ruang kerja. Dengan cara ini, Anda tidak perlu merasa "kekurangan" peralatan kantor yang sebenarnya hanya terselip di antara kertas-kertas.

3. Ketahui mana yang bisa "ditekan"

Cobalah pertimbangkan barang-barang yang memang penting dan sangat Anda butuhkan dalam bekerja dan mana tidak. Anda bisa "menekan" anggaran bagi dekorasi, memilih tempat penyimpanan file yang lebih murah, tapi sebaiknya jangan membeli barang-barang elektronik berkualitas rendah.

Bagi Anda yang ingin memiliki ruang kantor bernuansa mewah tanpa terlalu banyak biaya, gunakanlah cat dinding berwarna tegas seperti abu-abu atau biru donker. Menggunakan cat dapat memberikan statement pada ruang kerja, tanpa banyak biaya dan perawatan rumit. Namun, jika enggan menyesuaikan warna dinding terus-menerus, gunakan saja palet warna netral.

 
4. Gunakan kembali barang-barang lama

Cobalah cari barang-barang di rumah yang sudah tidak lagi digunakan, namun masih dalam kondisi baik. Misalnya, gelas kaca atau toples tidak terpakai. Gunakan barang-barang ini di ruang kerja di rumah.
 

5. Pengaturan posisi juga menentukan

Untuk kantor yang diperuntukkan bagi dua orang atau lebih, cobalah mendekor dengan pengaturan simetris. Berhadap-hadapan dapat menghemat ruang, waktu, dan memudahkan komunikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Houzz
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com