Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karya Arsitek Ini Lebih dari Sekadar Gerbang Perumahan

Kompas.com - 11/07/2013, 15:29 WIB
Hilda B Alexander

Penulis


KOMPAS.com- Anda familiar dengan gerbang perumahan pada gambar di atas? Surabaya sudah memilikinya sejak beberapa tahun silam, saat Ciputra Group menggarap perumahan skala kota CitraLand.

Namun, gerbang ini tidak terdapat di kota terbesar kedua Indonesia, melainkan sebuah proposal karya Waltritsch a+u dan Rndr Studio. Mereka baru saja memenangkan hadiah utama dalam kompetisi internasional untuk desain gerbang atas kompleks Ryhan villa di provinsi Mazandaran, Iran Utara.

archdaily.com Pintu masuk ini dirancang untuk menerima orang-orang kembali ke rumah, dan memberkati mereka sebelum pergi untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Pintu masuk
ini dirancang untuk menerima orang-orang kembali ke rumah, dan memberkati mereka sebelum pergi untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Inspirasi karya berasal dari bentuk indah arsitektur Iran sederhana dan halus.

Membangun gerbang kompleks perumahan mungkin dianggap suatu kehormatan bagi seorang arsitek, karena memungkinkan dia untuk berhubungan dengan sisi paling intim dari kehidupan sehari-hari masyarakat.

Kedua biro arsitek tersebut mengeksplorasi daya tarik adat istiadat dan kehidupan masyarakat setempat. Mereka membuka ruang terhadap tradisi dengan tema utama cahaya, skala, dekorasi, seni dan kerajinan karpet serta pakaian Iran yang populer.

Semua itu
terwujud melalui penggunaan kolom yang dipoles beton bertulang putih dan pelat baja bergelombang. Betonnya sendiri yang menjadi pilar utama gerbang ditempatkan di atas tanaman hijau yang berpadu dengan bunga-bunga cantik. Gerbang ini menjadi simbol identitas dan ikon bagi penghuninya dan warga yang melintas dapat menikmati keindahan arsitekturalnya dari luar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com